Gadaikan Motor Rental, Residivis Kembali Masuk Bui

Selasa, 20 Agustus 2019 - 18:48 WIB
Gadaikan Motor Rental,  Residivis Kembali Masuk Bui
Polsek Ngaglik menunjukkan tersangka yang mengadaikan motor rental di mapolsek setempat, Selasa (20/8/2019). FOTO/IST
A A A
SLEMAN - Pernah mendekam di penjara karena kasus pencurian sepeda motor tidak membuat, warga Purwokerto Timur, Banyuwas, Jawa Tengah (Jateng), SB,41, kapok.

Terbukti, setelah keluar dari lembaga pemasyarakatan (lapas) Purwokerto, 2015 lalu, SB kembali ditangkap Polsek Ngaglik, Sleman karena mengadaikan motor yang dirental di Jalan Kaliruang Ruko Candi, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, 8 Mei 2019. Untuk mempertanggungjawabkan perbutannya, SB sekarang meringkuk lagi di sel tahanan Mapolsek Ngaglik.

Kapolsek Ngaglik, Sleman Kompol Ali Mas’ud mengatakan terungkapnya kasus ini berawal saat BS mendatangi rental motor di jalan Kaliurang Ruko Candi, Sardonoharjo, Ngaglik, 8 Mei 2019 dan menyatakan akan menyewa motor matic selama tiga hari dengan sewa Rp220.000 dan langsung dibayar serta meninggalkan identitas diri.

“Karena itu pemilik rental tidak curiga dan memberikan motor matic untuk dibawa SB,” kata Ali Mas’ud, Selasa (20/8/2019).

Hanya saja saat jatuh tempo SB tidak mengembalikan dan saat dihubungi tidak bisa. Sehingga pemilik rental melaporkan peristiwa itu ke Polsek Ngaglik. Petugas menindaklanjutinya dengan melakukan penyelidikan dan berhasil mengindentifikasi keberadaan SB serta menangkapnya di Yogyakarta 8 Agustus 2019.

“Dari pemeriksaan motor itu digadaikan SB di Purwokerto Rp2,5 juta. Namun untuk motornya masih dalam pencarian sebab sudah perpindah tangan,” terangnya.

SB dijerat pasal 378 KUHP atau pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. SB kepada petugas mengatakan melakukan tindakan itu, karena terdesak kebutuhan ekonomi. "Uangnya hasil gadai motor saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," akunya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5150 seconds (0.1#10.140)