Visi-Misi Jokowi-Prabowo Dipertajam di Debat Capres 2019

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:40 WIB
Visi-Misi Jokowi-Prabowo Dipertajam di Debat Capres 2019
Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
DEPOK - Debat calon presiden (capres) 2019 sudah sangat dinanti-nanti masyarakat, khususnya para pendukung masing-masing capres. Debat yang akan digelar nanti malam akan disiarkan langsung oleh beberapa stasiun televisi nasional.

Dalam debat capres nanti, terdapat sejumlah panelis salah satunya adalah Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana. Hikmahanto mengaku tidak ada persiapan khusus untuk menjadi panelis malam nanti. Bahkan dia masih sempat mengajar terlebih dahulu.

"Tidak ada persiapan khusus. Kali ini saya hanya menjadi panelis saja. Ini berbeda dengan lima tahun lalu. Kalau dulu saya menjadi panelis dan moderator," kata Hikmahanto, Kamis (17/1/2019).

Ketika ditanya nanti malam dia akan menanyakan apa saja pada peserta debat, Hikmahanto mengaku, pertanyaan yang diajukan tentunya seputar isu terkini yang berkembang di masyarakat.

Dengan demikian, sambung dia, masyarakat nantinya bisa menentukan pilihan berdasarkan penjelasan yang diberikan para calon."Yang pasti pertanyaan itu berkembang di masyarakat, visi misi paslon, ditajamkan setelah menjawab pertanyaan. Masyarakat mendapatkan modal (pengetahuan) paslon mana memilih ini untuk pemilih pemula," ungkapnya.

Yang jelas kata dia pemilih menginginkan program yang realistis ketimbang jawaban normatif. Sayangnya dia enggan menyebutkan isu apa yang menjadi menarik saat ini di masyarakat. "Kalau di Amerika kan isu aborsi menjadi tren dibicarakan. Siapa yang mendukung dan siapa yang tidak," ungkapnya.

Ketika ditanya isu apa yang bisa menarik untuk menjadi perhatian, Hikmahanto enggan menjawab sebelum debat dimulai. "Sabar ya," katanya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5827 seconds (0.1#10.140)