Mantan Menteri hingga SBY Kehilangan Ekonom UGM Tony Prasetiantono

Kamis, 17 Januari 2019 - 15:36 WIB
Mantan Menteri hingga SBY Kehilangan Ekonom UGM Tony Prasetiantono
Ekonom dari Universitas Gadjah Mada (UGM), A Tony Prasetiantono meninggal dunia, Rabu (17/1/2019) malam. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, A Tony Prasetiantono meninggal dunia, Rabu (16/1/2019) pukul 23.30 WIB di Jakarta. Kabar ini mengejutkan sejumlah pesohor negeri ini.

Salah satunya anggota Komisi I DPR, Roy Suryo, yang menulis di akun media sosialnya. "Innalillahi wa innalillahi Rojiun. Selamat jalan sahabat, kakak sekaligus pakar ekonomi makro Indonesia, mas A. Toni Prasetiantono. Tadi malam (Rabu, 16/1/19 jam 23.30) di RS MMC Jakarta. Jenazah akan dimakamkan pagi ini di Jogja," tulis Roy seperti dikutip SINDOnews di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Selain Roy Suryo, beragam ucapan dan belasungkawa ramai di akun media sosial sejumlah tokoh di Indonesia. Ucapan selamat datang dari Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono dan mantan Menteri Keuangan Chatib Basri. Nama terakhir menulis bahwa almarhum merupakan sosok ekonom yang andal.

"Kita kehilangan ekonom yang banyak sekali mewarnai diskusi kebijakan ekonomi di Indonesia. Saya akan mengenang sesi-sesi bersama. Perdebatan kita. Kehilangan besar bagi Indonesia. Selamat jalan kawan," katanya. (Baca Juga: Sakit, Pakar Ekonomi UGM A Tony Prasetiantono Meninggal Dunia
Sebagai informasi, Tony--panggilan akrab almarhum--adalah pengajar di UGM Yogyakarta. Dia juga menjabat Direktur Pusat Ekonomi dan Studi Kebijakan Publik di kampusnya. Tony menempuh pendidikan di tempatnya mengajar dan memperoleh gelar doktorandus pada tahun 1986.

Selanjutnya pada 1991, Tony meraih gelar Mastar dari University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat. Pada tahun 2006, dia mendapatkan Ph.D dari The Australian National University, Australia.

Usai menyelesaikan studi yang luar biasa, Dia pun mencoba untuk menjadi pejabat di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah satunya, Tony tercatat pernah menjabat komisaris di Bank Mandiri pada 2003-2005.

Dia juga sempat dipercaya menjadi Kepala Ekonom BNI, Komisaris Independen di Permata Bank serta Bank Sumitomo Mitsui Indonesia. (Baca Juga: Pakar Ekonomi UGM A Tony Prasetiantono Akan Dimakamkan Jumat(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5324 seconds (0.1#10.140)