alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Penyu Belimbing Mati Dengan Luka di Tubuhnya

kuntadi
Penyu Belimbing Mati Dengan Luka di Tubuhnya
Penyu jenis belimbing ditemukan mati di Pantai Imorenggo, Galur, Kulonprogo pada Kamis (15/8/2019). FOTO/iNews.id/Kuntadi

KULONPROGO - Nelayan Pantai Selatan Kulonprogo, kembali menemukan penyu yang terdampar dalam kondisi mati. Penyu ini ditemukan mati di Pantai Imorenggo, Galur, Kulonprogo pada Kamis (15/8/2019). Ini penyu mati ketiga yang ditemukan selama bulan Agustus ini.

Penyu yang ditemukan mati ini jenis belimbing (dermochelys coriacea). Penyu belimbing dengan panjang mencapai 2 meter dan lebar 80 cm ini, diperkirakan memiliki bobot sekitar 200 kilogram. Saat ditemukan kondisinya sudah mati dan mulai membusuk. Malam harinya, penyu inipun dikubur di pantai, di dekat lokasi penemuan. Namun siang ini, kembali dibongkar untuk diotopsi oleh BKSDA.

“Saat ditemukan kondisinya sudah mati, agar tidak menimbulkan penyakit kita kubur,” jelas Anggota Tim SAR Pantai Trisi Dwi Surya Putra, Jumat (16/8/2019).



Oleh petugas dari BKSDA penyu inipun diperiksa dengan seksama. Mereka juga mengambil bagian usus untuk dilakukan penelitian di laboratorium. Sedangkan dari pemeriksaan fisik ditemukan adanya luka pada punggung atau karapas . Sepertinya seperti kena benda tajam sepanjang 20 cm. Hanya saja tidak bisa dipastikan kapan penyu ini mati. “Kita akan bekerjasama dengan Biologi UGM, untuk melakukan penelitian,” jelas dokter hewan BKSDA, Yuni Titasari.

Menurutnya, penyu jenis belimbing ini jumlahnya semakin terbatas. Di pesisir selatan DIY, sudah jarang hewan ini ditemukan. Kebanyakan yang masih bertelur adalah jenis hijau dan penyu lekang. “Kondisinya sudah membusuk, jadi penelitian juga akan lebih sulit karena pasti sudah ada bakteri,” jelasnya.

Yuni sendiri belum bisa memastikan mengapa dalam dua pekan ini sudah ada tiga penyu terdampar mati di Kulonprogo. Apakah karena memang usianya sudah tua atau karena faktor cuaca dengan kondisi iklim saat ini yang sangat dingin. “Dari beberapa kasus, tidak ada temuan sampah di tubuhnya. Kalau ini seperti luka,” jelasnya.



(nun)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif