alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Real Madrid, Atletico, Barcelona, Siapa Terbaik di La Liga 2019/2020?

Shalahuddin
Real Madrid, Atletico, Barcelona, Siapa Terbaik di La Liga 2019/2020?
Musim kompetisi La Liga Spanyol 2019/2020 akan dimulai pada Jumat (16/8/2019) malam waktu setempat atau Sabtu (17/8/2019) dini hari WIB, saat Barcelona dijamu Athletic Bilbao/Foto/ist

BARCELONA - Mulai Jumat (16/8/2019) malam waktu setempat atau Sabtu (17/8/2019) dini hari WIB musim kompetisi La Liga Spanyol 2019/2020 akan bergulir. Saat itu, Barcelona dijamu Athletic Bilbao di San Mames. Ini menjadi pembuktian sang juara bertahan yang selalu berhasil memenangkan setiap laga pembuka La Liga pada 10 terakhir.

Barcelona menjadi juara liga dalam dua musim terakhir, dan menjadi favorit untuk memenangkan gelar ketiga berturut-turut setelah membuat beberapa langkah cerdas di musim panas dalam membangun kekuatan.

Menghadapi Bilbao, klub Catalan ini akan memamerkan striker peraih gelar Piala Dunia bersama Prancis, Antoine Griezmann dan pemain tengah Belanda Frenkie de Jong. Nilai kontrak keduanya mencapai 195 juta euro atau sekitar Rp3 tirliun (Griezmann 120 juta euro dan De Jong 75 juta euro).



Barcelona kemungkinan tidak diperkuat Lionel Messi di laga pembuka karena cedera oto. Tapi, trio Ousmane Dembele, Griezmann, dan Luis Suarez tak kalah tajam. Itu dibuktikan saat mengalhkan Napoli 4-0 dalam laga uji coba di Michigan Stadium, AS, 10 Agustus lalu. Trio D-G-S masing-masing mengemas satu gol. Sisanya dicetak Nelson Semedo. Barcelona saat ini juga terus dikaitkan dengan langkah sensasional untuk kembali menandatangani Neymar dari Paris Saint Germain.

Real Madrid dan Atletico Madrid juga siap menjadi unit yang jauh lebih kuat setelah belanja besar di bursa musim panas ini. Madrid, 33 kali juara La Liga, merencanakan kebangkitan di kompetisi domestik saat tandang ke Celta Vigo pada Sabtu (17/8/2019). Di dua La Liga terakhir, Madrid tercecer di belakang Barcelona dengan selisih 17 dan 19 poin dari Barcelona masing-masing.

Madrid menghabiskan 305 juta euro (Rp4,8 triliun) untuk beli pemain, dan sepertiga dari nilai itu dihabiskan pada penyerang Belgia Eden Hazard. Namun, suasana di Santiago Bernabeu jauh dari optimistis setelah hasil yang mengecwakan di pramusim.

Sementara runner-up tahun lalu Atletico Madrid juga telah menggelontorkan banyak uang di bursa musim panas ini. Setelah mendapatkan uang dari hasil penjualan Griezmann, Lucas Hernandez, dan Rodri, mereka membeli striker Joao Felix senilai 126 juta euro dari Benfica.

Felix akan menjadi pemain yang disorot di Wanda Metropolitano saat menjamu Getafe. "Saya tidak pernah lebih bersemangat tentang musim baru," kata gelandang Atletico Koke.

"Para pemain baru telah datang dengan banyak harapan dan kerendahan hati dan mereka siap kerja keras."

Valencia finis keempat pada musim lalu, tetapi akan menghadapi pertempuran keras untuk tempat Liga Champions dengan Sevilla, dengan pelatih baru Julen Lopetegui bertekad untuk membangun kembali reputasinya setelah dipecat oleh timnas Spanyol dan Real Madrid tahun lalu.

Sevilla adalah pembelanja terbesar di luar tiga besar (Madrid, barcelona, Atletico), dengan mengeluarkan sekitar 150 juta euro (Rp2,4 triliun) pada 13 kedatangan baru, meskipun mereka telah mengucapkan selamat tinggal kepada pemain penting seperti Wissam Ben Yedder dan Pablo Sarabia.

Real Mallorca kembali ke papan atas setelah absen selama enam tahun dan bergabung dengan Osasuna dan Granada, yang keduanya terdegradasi dari La Liga dua tahun lalu.

Ini juga akan menjadi musim yang menarik di luar lapangan karena perseteruan yang sedang berlangsung antara badan penyelenggara La Liga dan federasi sepak bola nasional (RFEF), soal kapan pertandingan harus dijadwalkan. Juga ketegangan soal rencana mengadakan Piala Super Spanyol di luar Spanyol pada bulan Januari. La Liga mengatakan mereka akan menentang keras.



(mif)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif