alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Warga Miskin di Jawa Tengah Berkurang 1 Juta Orang Lebih

Ahmad Antoni
Warga Miskin di Jawa Tengah Berkurang 1 Juta Orang Lebih
Warga Miskin di Jawa Tengah Berkurang 1 Juta Orang Lebih. Ilustrasi

SEMARANG - Sejak menjabat Gubernur Jateng pada september 2013, persoalan kemiskinan menjadi perhatian serius Ganjar Pranowo. Melalui berbagai program, data BPS menunjukkan hingga Maret 2019 warga miskin di provinsi ini telah berkurang lebih dari 1 juta orang.

Ganjar mengungkapkan catatan itu dalam Peringatan Ulang Tahun Provinsi Jawa Tengah ke-69 di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang, Kamis (15/8/2019). Dia mencatat dari bulan Maret 2014 hingga Maret 2019 penurunan kemiskinan mencapai 1.093.220 orang.

"Punika data BPS lho, mboten kula ingkang matur (data ini dari BPS lho, bukan saya yang bilang)," kata Ganjar yang sepanjang pidatonya menggunakan Bahasa Jawa.



Penurunan angka kemiskinan di Jateng memang selalu tinggi setiap tahunnya. Bahkan pada 2018 lalu, Jawa Tengah menjadi provinsi dengan penurunan angka kemiskinan terbaik secara nasional.

Selain pengurangan angka kemiskinan yang signifikan, sejumlah pekerjaan infrastruktur di Jateng lanjut Ganjar juga sudah dilaksanakan dengan baik. Bandara Ahmad Yani Semarang misalnya, sekarang menjadi bandara megah berfitur floating airport pertama di Indonesia.

"Kami juga berhasil memberikan insentif kepada guru ngaji, membangun rumah yang rusak menjadi layak huni, memberikan gaji guru honorer setara UMK dan banyak lagi capaian-capaian lainnya," tegasnya.



(mif)