Iran Siap Serang 400 Target Milik Amerika

Sabtu, 25 April 2020 - 19:30 WIB
loading...
Iran Siap Serang 400 Target Milik Amerika
FOTO /Ilustrasi : IST
A A A
TEHERAN - Pasukan Iran mengklaim pasukannya siap untuk menyerang ratusan target tambahan milik Amerika Serikat (AS) jika konflik meluas.

Komandan Angkatan Udara Garda Revolusi Iran (IRGC) Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh membuat komentar itu ketika berbicara dengan wartawan tentang peluncuran satelit yang sukses awal pekan ini. Peluncuran ini dilakukan ketika Washington dan Teheran bertukar ancaman militer baru di Teluk Persia.

Iran dan AS tampaknya akan berperang pada Januari lalu setelah Presiden Donald Trump memerintahkan pembunuhan Mayor Jenderal Qassem Soleimani.

Serangan pesawat tak berawak yang menewaskan Soleimani di luar Bandara Internasional Baghdad di Irak adalah puncak dari ketegangan berminggu-minggu antara AS dan Iran, di mana para milisi Irak yang didukung Iran membunuh seorang tentara Amerika di sebuah pangkalan Irak di kota utara Kirkuk dan mengambil bagian dalam menyerbu Kedutaan Besar AS di Baghdad.

Soleimani adalah komandan Pasukan Quds klandestin IRGC dan secara luas dianggap sebagai tokoh paling kuat kedua dalam rezim. Dia bertanggung jawab atas operasi militer asing Iran dan mengarahkan sejumlah milisi proksi di Timur Tengah.

Sebagai tanggapan, Iran menembakkan rudal balistik ke dua pangkalan militer Irak yang menampung pasukan AS di pangkalan udara Ayn al-Assad di barat negara itu. Serangan rudal itu melukai lebih dari 100 tentara Amerika, meskipun hal ini tidak segera diumumkan.

Gedung Putih memilih untuk tidak membalas setelah serangan itu, meskipun Trump sebelumnya mengancam akan menyerang 52 target Iran - mungkin termasuk situs budaya, yang merupakan kejahatan perang - jika Iran menyerang balik terhadap Amerika.

Hajizadeh mengatakan bahwa pasukan IRGC siap untuk serangan yang lebih luas jika AS menanggapi pemboman di Ayn al-Assad

"Dengan membunuh Soleimani, pemerintahan Trump ingin menunjukkan bahwa mereka membunuh simbol perlawanan, dan mereka yakin bahwa Iran tidak akan menanggapi serangan mereka," kata Hajizadeh seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (25/4/2020).

Hajizadeh menjelaskan bahwa para pejabat Iran berpikir AS akan menanggapi serangan Ayn al-Assad dalam waktu 20 menit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4995 seconds (0.1#10.140)