Jaksa Agung Mendatang Dipastikan Bukan dari Parpol

Rabu, 14 Agustus 2019 - 20:00 WIB
Jaksa Agung Mendatang Dipastikan Bukan dari Parpol
Gedung Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan komposisi menteri dalam kabinet mendatang atau Kabinet Kerja Jilid 2. Saat pertemuan dengan pimpinan media massa di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8/2019), mantan Wali Kota Solo ini juga membocoran kriteria Jaksa Agung . "Jaksa Agung pasti bukan dari parpol," kata Jokowi

Kendati demikian, Jokowi belum bersedia menyebutkan nama calon orang nomor satu di Kejaksaan Agung.

Seperti diketahui, saat ini Jaksa Agung dijabat M Prasetyo. Mantan jaksa yang merupakan kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Hingga kini sosok yang akan menjabat Jaksa Agung ke depan masih misteri. Kendati demikian, banyak pihak yang menyuarakan tentang kriteria Jaksa Agung ke depan.

Salah satunya, mantan Jaksa Agung Basrief Arief yang mengusulkan agar posisi itu ditempati dari internal kejaksaan.

"Sebaiknya dari kalangan internal kejaksaan. Mereka yang lebih tahu anatomi kejaksaan adalah dari dalam atau internal," kata mantan Jaksa Agung Basrief Arief kepada wartawan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Kamis (8/8/2019).

Salah satu pertimbangannya jika Jaksa Agung dari kalangan internal kejaksaan maka tidak perlu waktu lama beradaptasi untuk mewujudkan reformasi birokrasi. Apalagi saat ini kejaksaan tengah mencanangkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Dalam pertemuan dengan pimpinan media massa hari ini, Jokowi mengungkapkan komposisi kabinetnya adalah 55% profesional dan 45% kalangan partai politik.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3812 seconds (0.1#10.140)