alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dekati Pesawat Menhan Rusia, F-18 Spanyol Diusir Jet Tempur Su-27

Muhaimin
Dekati Pesawat Menhan Rusia, F-18 Spanyol Diusir Jet Tempur Su-27
Interaksi jet tempur Su-27 Rusia dengan jet tempur F-18 Spanyol di atas Laut Baltik, Selasa (13/8/2019). Foto/TV Zvezda

MOSKOW - Pesawat tempur F-18 Spanyol diusir jet tempur Su-27 Rusia lantaran mendekati pesawat yang membawa Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu. Interaksi yang tegang ini terjadi di atas Laut Baltik pada hari Selasa.

Jet tempur F-18 Spanyol berada di kawasan Baltik untuk misi Pemolisian Udara Baltik (BAP) NATO. Video yang ditayangkan saluran berita milik negara Rusia, Rossiya 24, Rabu (14/8/2019), menunjukkan pesawat tempur NATO muncul di atas Laut Baltik dan mendekati pesawat yang membawa Menhan Shoigu pulang ke Moskow dari kunjungan ke wilayah Rusia di Baltik, wilayah yang paling barat negara itu di Kaliningrad. Shoigu berkunjung ke wilayah itu untuk menghadiri kontes Sea International Landing Army International Games 2019.

Sesaat kemudian, jet tempur Su-27 datang dan membuat pesawat tempur NATO terbang menjauh. Kantor-kantor berita Rusia memuat pernyataan NATO yang mengatakan pesawat-pesawat tempur aliansi militer Barat bergerak untuk mengidentifikasi pesawat Rusia di atas Laut Baltik tanpa mengetahui Shoigu ada di dalamnya.



Pesawat tempur F-18 Angkatan Udara Spanyol yang dikirim untuk misi intersepsi dan membayangi peswat yang membawa Menhan Shoigu adalah salah satu dari lima jet tempur yang saat ini dikerahkan ke Pangkalan Udara Siauliai, Lithuania, untuk misi BAP.

Pesawat yang membawa Shoigu bukan Tu-154 dengan registrasi RA-85686 seperti pada perjalanan Menhan Rusia sebelumnya, tetapi Tu-204. Jenis pesawat itu teridentifikasi berdasarkan tipe winglet yang terlihat dalam video.

Menariknya, F-18 Spanyol dipersenjatai dengan rudal air-to-air 2x IRIS-T dan 2 AIM-120 AMRAAM AAMs serta pod penargetan Litening ventral yang digunakan dalam mode air-to-air untuk ID visual dari target.

Sedangkan Su-27 Rusia membawa sepasang rudal air-to-air R-27 dan R-73, meskipun jenis dan jumlah rudal yang tepat tidak jelas dalam rekaman tersebut, karena posisi jet tempur itu berkebalikan dengan kamera.



(nun)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif