Sambangi Hong Kong, Izin Dua Kapal Perang AS Ditolak China

Rabu, 14 Agustus 2019 - 15:00 WIB
Sambangi Hong Kong, Izin Dua Kapal Perang AS Ditolak China
China menolak memberikan izin kepada dua kapal perang AS untuk menyambangi di Hong Kong. Foto/Istimewa
A A A
BEIJING - Kunjungan dua kapal perang Amerika Serikat (AS) ke pelabuhan di Hong Kong, ditolak oleh China. Penolakan itu dilakukan di tengah ketegangan kedua negara dalam perdagangan dan perselisihan diplomatik terkait aksi protes pro-demokrasi di pusat keuangan Asia itu.

Wakil juru bicara Armada Pasifik AS, Komandan Nate Christensen, mengatakan bahwa China menolak memberikan izin untuk kapal USS Green Bay dan USS Lake Erie untuk mengunjungi Hong Kong dalam beberapa minggu mendatang. USS Green Bay adalah kapal angkut amfibi sementara USS Lake Erie adalah kapal penjelajah berpeluru kendali.

"Angkatan Laut AS memiliki rekam jejak yang panjang tentang kunjungan pelabuhan yang sukses ke Hong Kong, dan kami berharap mereka akan melanjutkan," kata Christensen.

"Kami merujuk Anda ke pemerintah China untuk informasi lebih lanjut tentang mengapa mereka menolak permintaan itu," imbuhnya seperti dikutip dari Japan Times, Rabu (14/8/2019).

Langkah ini dilakukan ketika AS dan China terlibat dalam perang dagang yang berlarut-larut. Selain itu, seorang anggota parlemen AS mengkritik taktik polisi Hong Kong terhadap demonstran yang telah melakukan protes selama lebih dari dua bulan.

Sementara China menuduh AS menghasut para demonstran untuk melakukan kekerasan, mengutip komunikasi antara pejabat AS dan aktivis - klaim yang dibantah Washington.

Presiden AS Donald Trump menulis dalam sebuah cuitan bahwa laporan dari badan-badan intelijen AS menunjukkan pemerintah China memindahkan pasukan ke perbatasannya dengan Hong Kong, memicu kekhawatiran akan kemungkinan intervensi.

"Semua orang harus tenang dan aman!" tegas Trump, tanpa memberikan rincian tentang kapan dia menerima informasi tersebut.

Beijing terakhir kali menolak permintaan kapal AS untuk berlabuh ke bekas koloni Inggris itu pada September lalu. Ketika itu, Beijing menolak kunjungan kapal perang amfini USS Wasp beberapa hari setelah Washington memberi sanksi kepada militer China atas pembelian senjata Rusia.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9438 seconds (0.1#10.140)