Jateng Berhasil Ubah Sampah jadi Briket, Serap 150 ton Sampah Perhari

Selasa, 13 Agustus 2019 - 21:04 WIB
Jateng Berhasil Ubah Sampah jadi Briket, Serap 150 ton Sampah Perhari
Gubernur Ganjar Pranowo menerima Pimpinan PT. Solusi Bangun Indonesia (SBI)-semula PT Holcim Indonesia, yang menyampaikan perkembangan pengelolaan sampah di perusahaan tersebut.FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Jawa Tengah benar-benar serius dalam upaya pengelolaan sampah khususnya sampah plastik. Selain kampanye dan sosialisasi, langkah kongkrit tentang pengolahan sampah di provinsi ini juga dilakukan.

Terbaru, Jawa Tengah berhasil mengubah sampah menjadi briket yang dapat digunakan sebagai pengganti batubara. Pengolahan sampah menjadi briket itu dilakukan di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Pabrik semen PT Solusi Bangun Indonesia, yang dahulu bernama PT Holcim telah berhasil melakukan uji coba pengolahan sampah menjadi briket di Cilacap. Dari trial itu, mereka mengatakan bahwa briket yang dihasilkan dari sampah cukup bagus, dan dapat digunakan sebagai bahan bakar pengganti batu bara.

"Kami sudah melakukan trial dan hasilnya cukup bagus, dengan hasil uji coba briket ini memiliki kapasitas 3000-4000 kalori. Setelah proyek ini diresmikan, kami siap menampung sampah dari Cilacap dan mengubahnya menjadi briket untuk keperluan bahan bakar perusahaan kami," kata Direktur PT SBI, Aulia M Oemar saat beraudiensi dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Selasa (13/8/2019).

Oemar menambahkan, dengan mesin hibah dari pemerintahan Denmark yang digunakan saat ini, pihaknya mengatakan mampu menampung 150 ton sampah perhari untuk dibuat briket. Bahkan jika dioptimalkan, perusahaannya bisa menampung sekitar 500-600 ton sampah perhari.

"Bahkan jika nanti bisa menambah alat lagi, perusahaan kami bisa menampung 1000 ton sampah perhari. Tentu ini akan mengatasi persoalan sampah di daerah Cilacap dan sekitarnya," ucapnya.

Pengolahan sampah menjadi briket di Cilacap lanjut Oemar tinggal menunggu diresmikan. Setelah semua perizinan selesai, maka proyek itu bisa dijalankan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, sebenarnya ada dua proyek besar di Jateng yang fokus dalam hal pengolahan sampah. Pertama adalah proyek pengolahan sampah menjadi gas metan di Semarang dan kedua pengolahan sampah menjadi briket di Cilacap.

"Untuk yang di Cilacap ini, sudah tinggal diresmikan, pembeli briket yang dari sampah sudah ada yakni PT SBI, sebagai pengganti batu bara. Jadi ini bagian wujud nyata kita untuk membereskan persoalan sampah," kata Ganjar.

Ganjar menegaskan, apabila proyek pengolahan sampah menjadi briket di Cilacap ini berhasil, maka pihaknya akan membuat replikanya di sejumlah daerah lain.

"Kalau ini sudah jalan dan hasilnya bagus, kelak harapan kami bisa lebih besar lagi. Dan ada peluang bagi PLTU di Jateng untuk menggunakan produk briket dari sampah ini, sehingga nanti pengolahan sampah bisa lebih optimal di Jateng," tegasnya
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0797 seconds (0.1#10.140)