28 Sekolah di Salatiga Ikuti Seminar Genre

Selasa, 13 Agustus 2019 - 20:00 WIB
28 Sekolah di Salatiga Ikuti Seminar Genre
Asisten I Setda Kota Salatiga Gati Setiti saat menjadi pembicara seminar generasi berencana bagi pengurus PIK remaja di Pendapa Pakuwon Pemkot Salatiga, Selasa (13/8/2019). Foto/IST
A A A
SALATIGA - Puluhan pelajar dari 28 sekolah SMP dan SMA yang masuk ke wadah Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Kota Salatiga mengikuti seminar generasi berencana (genre) yang digelar di Pendapa Pakuwon Pemkot Salatiga, Selasa (13/8/2019). Dalam seminar tersebut, mereka diarahkan agar menjadi pribadi yang tangguh dan berdaya saing.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Salatiga Gati Setiti dalam sambutannya mengajak para peserta seminar menjadi pioner dalam memberikan informasi yang tepat terkait perencanaan kehidupan berkeluarga di masyarakat.

"Masa remaja sebaiknya dapat digunakan dengan baik. Diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Masa ini adalah peralihan dari anak-anak ke dewasa yakni terdapat perkembangan individu yang sangat penting, baik secara fisik, mental, emosional, dan juga sosial," ucapnya.

Menurut Gati, remaja harus menjadi seorang perantara terkait informasi seputar remaja dan perencanaan kehidupan berkeluarga dalam wadah Pusat Informasi dan Konseling (PIK). Lewat wadah tersebut, keberadaan remaja yang berkualitas akan sangat mendukung apa yang menjadi program genre tersebut.

"Remaja sebaiknya memilih teman yang baik, jangan yang berperilaku menyimpang. Nanti akan berpengaruh terhadap diri mereka sendiri," ujarnya.

Gati Setiti menambahkan bahwa data jumlah remaja di Indonesia sendiri per-Desember 2018, usia 10 sampai 24 tahun adalah sebanyak 66,3 juta remaja. Artinya bahwa ada 25,6% dari total penduduk Indonesia berumur remaja. Diakui bahwa jumlah remaja yang besar adalah aset kekayaan masa depan bangsa.

"Ini yang menjadi perhatian bersama. Kita harus selalu berupaya bersama dalam membentuk remaja tangguh dan berdaya guna," tandasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9501 seconds (0.1#10.140)