Resmi Dilantik, DPRD Sleman Siap Aktif Terjun ke Masyarakat

Senin, 12 Agustus 2019 - 20:15 WIB
Resmi Dilantik,  DPRD Sleman Siap Aktif Terjun ke Masyarakat
Ketua PN Sleman Annas Mustaqim melantik anggota DPRD Sleman periode 2019-2024 di pendopo parasamya pemkab Sleman, Senin (12/8/2019). FOTO/Dok humas Sleman.
A A A
SLEMAN - Sebanyak 50 anggota DPRD Sleman periode 2019-2024 secara resmi dilantik dan diambil sumpah janjinya di Pendap Parasamnya, pemkab Sleman, Senin (12/8/2019). Prosesi pelantikan diawali dengan Sidang Paripura DPRD Sleman yang dipimpin ketua DPRD Sleman periode 2014-2019 Haris Sugiharta.

Pimpinan rapat memaparkan apa saja yang sudah dilakukan DRPD Sleman Periode 2014-2019, jumlah penerbitan produk Hukum dan lain sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan yang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Sleman, Annas Mustaqim.

Usai pengambilan sumpah jabatan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan penyematan lencana anggota DPRD, dilanjutkan pembacaan pimpinan sementara DPRD Sleman yakni Haris Sugiharta dari PDIP sebagai Ketua dan Raudi Akmal dari PAN sebagai wakil. Dipilihnya
mereka karena PDIP dan PAN dalam pemilu 2019 mendapatkan suara terbanyak pertama dan kedua.

Gubernur DIY Sultan Hamengkuwbuwo (HB) X berharap DPRD Sleman periode 2019-2024 dapat menyelenggarakan urusan pemerintah sebagaimana yang telah diamanatkan dansesuai dengan konstitusi. Harapan ini bukan tanpa alasan sebab DPRD memiliki peran strategis dalam fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.

“Jagalah kualitas DPRD yang merepresentasikan pluralitas aspirasi dan kepentingan masyarakat,” kata Sultan dalam sambutan tertulis saat pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota DPRD Sleman periode 2019-2024 di Pendapa Parasamya Pemkab Sleman, Senin (12/8/2019).

Selain itu anggota DPRD Sleman yang baru juga harus mampu mengoptimalkan fungsi keterwakilan untuk memperjuangkan setiap aspirasi warga serta memelihara dan membangun hubungan kerja saling mendukung dengan eksekutif tanpa mengabaikan sikap kritis DPRD.

“Anggota Dewan adalah harapan baru yang bisa menuntaskan agenda reformasi, otonomi daerah seluas-luasnya, penegakan supremasi hukum, maupun pemerintah yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN),” tandasnya.

Menanggapi harapan Gubernur DIY tersebut, pimpinan DPRD Sleman sementara Haris Sugiharto mengatakan siap melaksanakan tugas dan fungsi sebagai mana aturan yang ada termasuk sebagai mitra kerja pemerintah daerah, akan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Di antarnya akan aktif, baik dalam rapat-rapat maupun turun langsung ke masyarakat. Sehingga mengetahui apa yang menjadi persoalan mereka. “Kami akan menunaikan kewajiban sesuai dengan peraturan yang ada,” janjinya.

50 anggota DPRD Sleman periode 2019-2024, terdiri dari PDIP 15 kursi, PAN, Gerindra, PKB dan PKS masing-masing enam kursi, Golkar lima kursi serta PPP dan Nasdem sama-sama tiga kursi. Dari jumlah itu, 37 laki-laki dan 13 perempuan.
.

Daftar Anggota DPRD Sleman Periode 2019-2024

PKB: Wawan Prasetya, Ani Martani, Tri Nugroho, Rahayu Widi Nuryani, Rahayu Widi Chahyani dan Nafsir Fauzi

Gerindra: HR Sukaptono, Happy Briant Srikandy, Tri Mulia Wijayanti, M Arif P Susanto, Dara Ayu Suharto dan Shodiqul Qiyar

PDIP: Haris Sugiharta, Danang Maharsa, Gani Sadat, Timbul Saptono, Ari Murti, Nila Rifianti, Benedicte Rury Tyas Pramuri, Andreas
Purwanto, Budi Sanyata, Dede Kusuma, Susilo Nugroho, Sri Riyandiningsih, Suryana, Bambang Sigit Sulaksana dan RB Ramelan

Golkar: Indra Bangsawan, Banudono Manggolo, Guntur Yoga Purnawan, Suryana dan Sukamto

Nasdem: Surana, Ismi Sutarti dan Suharyono

PPP: Ngadiman, Fika Chusnul Chotimah dan Untung Basuki Rahmat

PKS: Agus Riyanto, Yani Fathurahman, Sumaryatin, Agus Mas’udi, Hasto
Karyanto dan Muh Zuldan

PAN: Raudi Akmal, Abdul Kadir, Nurhidayat, Ardi, Respati Agus Sasangka dan Arif Kurniawan

Sumber : KPU Sleman
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0883 seconds (0.1#10.140)