alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tim Bengawan Formula Student UNS Siap Berlaga di Jepang

Ary Wahyu Wibowo
Tim Bengawan Formula Student UNS Siap Berlaga di Jepang
Mobil balap formula Tim Bengawan Formula Student UNS Solo saat unjuk kebolehan di kampus setempat, Senin (12/8/2019). FOTO/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Tim Bengawan Formula Student Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo siap berlaga di ajang Student Formula Japan 2019 di Jepang 27-31 Agustus 2019. Ditargetkan tim dari UNS masuk 20 besar dari sekitar 100 tim yang ikut ambil bagian.

Ketua Tim Bengawan Formula Student UNS Ardhan Prasetyo Nugroho mengatakan, kompetisi Student Formula Japan 2019 merupakan kompetisi Internasional tingkat mahasiswa untuk merancang, mendesain dan memproduksi sebuah mobil balap formula. “Dalam kompetisi tersebut, Tim Bengawan Formula Student UNS akan membawa mobil rancangannya yang diberi nama Yudhistira,” kata Ardhan Prasetyo di sela sela peresmian Mobil Yudhistira di Kampus UNS, Solo, Senin (12/8/2019).

Yudhistira ini memiliki arti tangguh dalam menghadapi tantangan dan hambatan. Harapannya dengan nama tersebut, mobil balap buatan mahasiswa UNS bisa menghadapi semua tantangan dan hambatan saat kompetisi dan bisa menjadi juara. Dalam kompetisi, Tim Bengawan Formula Student UNS akan bertanding dengan sekitar 100 tim dari berbagai negara.



Sedangkan dari Indonesia, terdapat tujuh tim akan mengikuti kompetisi. Diantaraya dari UNS, Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Institut Teknologi Surabaya (ITS). Untuk mendesain dan membuat mobil balap, persiapannya hampir satu tahun.
Tim Bengawan Formula Student UNS Siap Berlaga di Jepang

Dana yang digunakan untuk membuat mobil mencapai Rp200 juta. “Kami berharap dikompetisi tersebut kami bisa masuk 20 besar,” tandasnya. Untuk membuat mobil itu membutuhkan waktu sekitar satu tahun. Tim mulai bekerja sejak September 2018 lalu, mulai dari proses desain, riset, manufakturing dan asembling. Tim beranggotakan 19 orang, termasuk dua dosen pembimbing. Tim yang memiliki tugas teknis dan non teknis berangkat ke Jepang 25 Agustus mendatang. Sedangkan mobil dikirim terlebih dahulu pada 15 agustus.

Sebelum berlaga, driver mobil telah melakukan latihan di kawasan Gunung Kidul dengan membuat lintasan seperti karakter di perlombaan. Yakni karakter berbelok belok, jarak pendek, dan angka delapan. “Latihan belum lama, tapi kami terus berlatih,” Ma’ruf Yanuar, driver Tim Bengawan Formula Student UNS. Tangki bahan bakar memiliki kapasitas enam liter, diharapkan bisa cukup untuk 20 laps, dimana satu laps jaraknya 1 km.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Solo, Profesor Kuncoro Diharjo mengatakan, pihaknya sangat memberikan dukungan terhadap Tim Bengawan Formula Student UNS untuk mengikuti ajang tersebut. Melalui kompetisi, merupakan bagian dari internasionalisasi UNS. “Mohon doa restunya semoga tim dari UNS bisa memberikan nama harum untuk UNS dan Indonesia,” ujar Kuncoro.



(nun)

loading...