Anggota Satgas Gakkum Polda Papua Ditembak dan Diculik OPM

Senin, 12 Agustus 2019 - 18:15 WIB
Anggota Satgas Gakkum Polda Papua Ditembak dan Diculik OPM
Dua anggota Satgas Gakum Polda Papua di wilayah Kabupaten Puncak, Papua, diserang Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata, OPM di Kp Mudidok, Puncak Papua, Senin (12/8/2019). Ilustrasi/SINDOnews
A A A
PUNCAK JAYA - Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata, Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali berulah. Dua anggota Satgas Gakum Polda Papua yang bertugas di wilayah Kabupaten Puncak, Papua, diserang OPM di wilayah Kampung Mudidok, Kabupaten Puncak Papua, Senin (12/8/2019) sekitar pukul 11.00 WIT.

Dalam insiden tersebut, seorang anggota dari Satgas Gakum wilayah Ilaga atas nama Briptu Heidar dilaporkan diculik KKSB (OPM) sementara Bripka Alfonso Wakum dilaporkan selamat.Kejadian penembakan terhadap dua personel Satgas Gakkum dan Satgas-I terjadi di sekitar bawah Kampung Mudidok, Kabupaten Puncak, Papua.

Dari sumber SINDOnews di Polda Papua, kejadian ini berawal pada hari Senin (12/8/2019) sekitar pukul 11.00 WIT, dimana personil Satgas Gakkum wilayah Ilaga atas nama Briptu Heidar (Satgas Gakkum) ditelepon oleh Yambimayu Telenggen seorang anggota KKSB Puncak Jaya, yang meminta gula dan kopi.

Selanjutnya Bripka Alfonso Wakum (Satgas-I) dan Briptu Heidar (Satgas Gakkum) menuju lokasi Camp PT Unggul di bawah Kampung Mudidok, Kabupaten Puncak Papua, menggunakan sepeda motor untuk bertemu dengan Yambimayu Telenggen.

Namun saat sampai turunan Jalan Camp PT MTT di Kampung Usir, Kabupaten Puncak Jaya, Briptu Heidar dipanggil oleh seseorang yang dikenalnya sehingga Bripka Wakum dan Briptu Heidar berhenti.

Selanjutnya Briptu Heidar berbicara dengan orang tersebut sedangkan Bripka Wakum yang baru mau menstandarkan motor tiba tiba ditembaki oleh 10 orang yang muncul dari semak-semak dengan senjata laras panjang.Spontan Bripka Wakum langsung melompat berlindung di semak-semak tapi saat itu dia sempat melihat Briptu Heidar diseret kedalam semak-semak oleh sejumlah anggota OPM tersebut. Kemudian Bripka Wakum langsung kembali dan melaporkan Posko induk Satgas Nemangkawi di Kago Kabupaten Puncak.

Hingga saat ini keberadaan Briptu Heidar belum dikerahui, sedangkan Bripka Wakum dalam kondisi aman. Saat ini Tim Satgas Ops Nemangkawi bersama gabungan Aparat TNI-Polri sedang melakukan penyisiran.Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak Polda Papua atas insiden tersebut.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9376 seconds (0.1#10.140)