PKKMB UNS Solo, 4 Tokoh Dijadwalkan Beri Kuliah Umum

Senin, 12 Agustus 2019 - 15:15 WIB
PKKMB UNS Solo, 4 Tokoh Dijadwalkan Beri Kuliah Umum
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS Solo Profesor Kuncoro Diharjo saat memberikan keterangan pers terkait kegiatan program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Senin (12/8/2019). FOTO/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Empat tokoh nasional dijadwalkan bakal hadir dalam kegiatan program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Para tokoh tokoh itu akan memberikan kuliah umum dengan beragam materi.

PKKMB berlangsung 6 hari mulai 13-18 Agustus mendatang. PKKMB tahun akademik 2019/2020 diikuti mahasiswa baru UNS, baik program Diploma maupun Sarjana. Acara diawali dengan Upacara Pelantikan Mahasiswa Baru serta Pembukaan PKKMB oleh Rektor UNS, Profesor Jamal Wiwoho mulai pukul 07.00 WIB. “Jumlah mahasiswa yang mengikuti PKKMB sebanyak 8.615 orang. Rinciannya dari program Sarjana 6.743 mahasiswa dan Diploma 1.872 mahasiswa,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS Prof Kuncoro Diharjo, Senin (12/8/2019).

Setelah upacara pelantikan, mahasiswa baru akan mengikuti kuliah umum dengan menghadirkan beberapa tokoh di negeri ini. Diantaranya Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Sedangkan di hari kedua, digelar kuliah umum oleh Wakil Menteri Energi Sumberdaya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar PhD tentang Kebijakan Energi Indonesia dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. “Selain itu juga akan hadir Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj,” ungkapnya. Sedangkan di hari ketiga, mahasiswa baru disambut di fakultas masing-masing dan akan memperoleh materi tentang layanan akademik serta kemahasiswaan.

Sementara di hari keempat, mahasiswa baru memperoleh materi tentang pengenalan program studi. Kemudian mahasiswa juga dikenalkan dengan himpunan mahasiswa jurusan serta dilanjutkan untuk menyaksikan Expo Organisasi Kemahasiswaan di UNS. Pada hari kelima yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI, maka mahasiswa baru UNS mengikuti upacara bendera dalam rangka HUT RI. Setelah itu dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Diaspora serta motivasi ESQ.

Pada keenam yang merupakan hari terakhir PKKMB, digelar Student Vaganza yang digelar di Stadion UNS yang diisi flashmop merah putih sekaligus penutupan PKKMB. Dalam Surat Keputusan Rektor UNS No. 685/ UN27/HK/2019 tentang PKKMB program sarjana dan diploma tahun 2019 UNS, pelaksanaan PKKMB wajib mengikuti peraturan yang berlaku dan dilarang mengadakan tindakan pembodohan, kekerasan dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) serta tindakan-tindakan lain yang menyimpang dari norma etika dan tradisi akademik. “Kegiatan dan materi PKKMB sepenuhnya bersifat akademik dan jadwal PKKMB setiap harinya dimulai pukul 07.00-16.00 WIB,” pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.4551 seconds (0.1#10.140)