alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Penyebab Api Berkobar di Gunung Sumbing

Taufik Budi
Ini Penyebab Api Berkobar di Gunung Sumbing
Ini Penyebab Api Berkobar di Gunung Sumbing. Foto/iNews/Taufik Budi

SEMARANG - Petugas gabungan masih melakukan pemadaman api yang membakar kawasan hutan Gunung Sumbing di Wonosobo Jawa Tengah. Berdasarkan hasil pantauan petugas, api belum merambat hingga ke wilayah Temanggung.

“Penyebabnya sumber api dari lahan milik masyarakat meluas ke dalam kawasan hutan,” kata kata Kepala Pelaksana (Kalaks) Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Sudaryanto, Senin (12/8/2019).

Dia menyampaikan, titik api berada di wilayah Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo, pada Minggu 11 Agustus 2019 sore. Angin kencang dan kayu kering serta dedaunan membuat kobaran api cepat luas.



“Yang terbakar 4-5 hektare. Api masih dalam proses pemadaman oleh tim gabungan kelompok masyarakat, BPBD, TNI, Polri, dan tim Perhutani,” ucap dia.

Kerugian akibat kebakaran itu masih diinventarisasi oleh petugas. Fokus utama petugas gabungan yakni melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Kendala yang dihadapi petugas gabungan di antaranya faktor cuaca dan terbatasnya personel.

"Jumlah kerugian juga belum bisa dipastikan mengingat pantauan sementara masih terkendala oleh kabut tebal dan minimnya sarana prasarana serta terbatasnya personel," lugas Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo.



(mif)

loading...