ACT DIY Potong 95 Kambing Kurban di Kulonprogo

Minggu, 11 Agustus 2019 - 21:32 WIB
ACT DIY Potong 95 Kambing Kurban di Kulonprogo
ACT DIY Potong 95 Kambing Kurban di Kulonprogo
A A A
KULONPROGO - ACT DIY bersama Global Qurban menyembelih 95 ekor kambing untuk dibagikan kepada warga Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo. Penyembelihan hewan kurban dimulai sejak pagi pukul 08.30 WIB, dan dibantu oleh masyarakat Banjarasri.

Perwakilan ACT DIY Nasrudin mengatakan, sebanyak 95 kambing kurban tersebut disembelih oleh jagal profesional. Setelah penyembelihan, proses pengulitan hingga pencacahan dibantu warga sekitar.

"Selain warga, para relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) juga turut membantu. Mereka menyiapkan hewan dari peternakan hingga dikirim ke lokasi penyembelihan," terangnya kepada wartawan Minggu (11/8/2019).

Dijelaskannya, kambing yang disembelih untuk wilayah Provinsi DIY berasal dari Lumbung Ternak Wakaf (LTW) di Blora, Jawa Tengah. Pengiriman dilakukan sejak tiga pekan lalu yang kemudian ditampung serta dirawat di kandang ternak Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.

Hingga mendekati masa hari raya Idul Adha, hampir seribuan kambing kurban kemudian dikirim ke lokasi penyembelihan di berbagai titik di Provinsi DIY. "Untuk DIY ada ribuan kambing, jadi dilakukan hingga Rabu (14/8/2019),"katanya.

Nasrudin melanjutkan, untuk hari ini saja (11/8/2019) penyembelihan dilakukan di tiga lokasi di Kulonprogo, yaitu di Kecamatan Kalibawang, Samigaluh, dan Panjatan dengan total sekitar 250 ekor kambing. Untuk lokasi pendistribusian dan penyembelihan hewan kurban merupakan lokasi yang masih banyak penduduk prasejahtera.

"Mereka juga masih jarang mengonsumsi daging karena keterbatasan ekonomi. Selain itu, Global Qurban-ACT juga menyasar wilayah terdampak kekeringan, misalnya saja Kabupaten Gunungkidul. Pendistribusian dan penyembelihan hewan kurban di Gunungkidul akan dilaksanakan pada Senin (12/8)," pungkasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4422 seconds (0.1#10.140)