alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sohibul Kurban Saksikan Pemotongan Hewan Lewat Video Streaming

Ahmad Antoni
Sohibul Kurban Saksikan Pemotongan Hewan Lewat Video Streaming
Warga menyaksikan proses pemotongan hewan kurban di RPH Ungaran yang disiarkan langsung lewat video streaming di Masjid Al-Ikhlas Bulusan Selatan, Semarang, Minggu (11/8/2019). FOTO : SINDOnews/AHMAD ANTONI

SEMARANG - Ada hal menarik saat perayaan Idul Adha 1440 Hijriyah/ 2019 di Kota Semarang, tepatnya di Perum Korpri Bulusan Selatan, Tembalang, Minggu (11/8/2019).

Panitia Idul Adha di perumahan tersebut memiliki cara lain dalam memberikan pelayanan maksimal kepada sohibul kurban. Karena tak adanya tempat untuk penyembelihan ataupun pemotongan hewan kurban, panitia bertinisiatif untuk menggunakan jasa Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di wilayah Ungaran, Kabupaten Semarang.

Panitia pun memfasilitasi video steaming live dari lokasi penyembelihan bagi para sohibul kurban yang ingin menyaksikan proses pemotongan hewan kurban. Tercatat ada 7 ekor sapi dan 7 kambing yang dipotong di RPH milik Pemkab Semarang.



“Karena baru pertama kali ini kita (Masjid Al Ikhlas) menggelar kegiatan Idul Adha. Sesuai kesepakatan, untuk pemotongan hewan dilakukan di RPH. Hal itu karena tidak ada lahan yang bisa digunakan untuk proses pemotongan,” terang Ketua Takmir Masjid Al-Iklas Perum Korpri Bulusan Selatan, Tembalang, Agus Purwoko Jati.

Namun demikian, kata dia, warga Perum Korpri Bulusan Selatan Rt 4 RW 5 memiliki semangat tinggi untuk menunaikan ibadah kurban.

“Karena adanya keinginan dari para sohibul kurban yang ingin menyaksikan langsung proses pemotongan, kami menggunakan video streaming. Dengan sarana tersebut sohibul kurban bisa menyaksikan langsung proses penyembelihan hewan yang mereka kurbankan,” terangnya.

Ketua Panitia Munasik menambahkan, pembentukan panitia Idul Kurban di Masjid Al-Iklas Bulusan Selatan baru pertama kali dilakukan. Untuk tahun-tahun sebelumnya warga yang ingin berkurban disalurkan di masjid tetangga yang lokasinya tidak jauh dari masjid Al-Iklas.

“Namun untuk tahun ini, warga RT 04 RW 05 Perum Korpri Bulusan Selatan menginginkan pemotongan hewan sendiri, sehingga takmir masjid membentuk panitia Idul Kurban. Untuk memenuhi keinginan sohibul kurban agar bisa melihat langsung proses pemotongan sesuai sunnah, kami menyediakan fasilitas video streaming ini,” jelas Munasik.

“Ternyata dengan video streaming tersebut cukup bermanfaat bagi para sohibul kurban. Mereka tak perlu datang ke RPH yang jaraknya cukup jauh, namun cukup menyaksikan proses pemotongan hewan melalui video streaming,” pungkasnya.



(mif)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif