alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hadiah Rp14 M Dijanjikan Apple Bagi Penemu Celah Keamanan iPhone

Intan Rakhmayanti
Hadiah Rp14 M Dijanjikan Apple Bagi Penemu Celah Keamanan iPhone

CUPERTINO - Perbaikan celah keamanan pada perangkatnya menjadi komitmen serius Apple. Hal dibuktikan dari meningkatnya jumlah yang ditawarkan untuk mereka yang berhasil menemukan kerentatan pada perangkat Apple seperti iPhone.

Apple menawarkan hingga USD 1 juta atau sekitar 14,1 miliar sebagai ganjaran untuk penemu celah keamanan di iOS. Sejauh ini, nominal tersebut menjadi harga tertinggi dari perusahaan teknologi besar mana pun, sebagaimana dikutip dari Forbes, Sabtu (10/8/2019).

Tapi perlu diingat, ganjaran sebesar ini hanya diberikan untuk penemu celah keamanan yang dampaknya fatal, yaitu celah yang bisa membuat hacker mendapat akses penuh ke iPhone atau iPad tanpa interaksi fisik dengan perangkat.



Apple juga meluncurkan hadiah bagi penemu bug diperangakt MacOS. Selain itu mereka juga memperluas sayembara ini ke watchOS dan sistem operasi Apple TV.

Dengan memasukkan sistem operasinya yang lain, Apple memperluas program bug yang pertama kali diluncurkan untuk iOS pada 2016 silam. Para peneliti yang menemukan kelemahan keamanan yang memengaruhi platform selain iOS berhak menerima pembayaran sebesar USD 200 ribu.

Hadiah yang menggiurkan ini dibuat agar para peneliti yang menemukan celah kemamanan pada seluruh sistem operasi milik Apple mau mengungkapnya.

Sebab awal tahun ini ada seorang peneliti kemanan yang menemukan cacat pada MAcOS, cacat kemanan itu bisa mengekspos kata sandi pengguna. Tapi sang peneliti enggan memberikan rincian kepada Apple karena kurangnya hadiah yang ditawarkan untuk sistem operasi lain selain iOS.



(mif)

loading...