Kapolda Jateng Jadi Khotib Salat Idul Adha di MAJT Semarang

Minggu, 11 Agustus 2019 - 14:31 WIB
Kapolda Jateng Jadi Khotib Salat Idul Adha di MAJT Semarang
Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel saat memberikan khotbah Salat Idul Adha di MAJT Semarang, Minggu (11/8/2019). FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Ribuan umat Islam dengan khusyuk mengikuti ibadah salat Idul Adha 1440 Hijriyah/2019 di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang, Jawa Tengah, Minggu (11/8/2019).

Bertindak ssbagai imam salat Id adalah KH Zaenuri Ahmad Al Hafidz dan sebagai khotib adalah Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

Dalam khotbah bertemakan Hikmah Ibadah Qurban dan Dinamika Sosial di Bumi Pancasila, Kapolda menyampaikan bahwa peringatan Hari Raya Idul Adha ini menjadi sangat berarti di tengah bangsa kita yang sedang menghadapi berbagai tantangan.

Menurutnya, banyak pelajaran penting dari peristiwa yang sangat bersejarah ini yang dapat diambil hikmahnya dalam kehidupan sehari-hari.

“Bencana demi bencana, kerusuhan demi kerusuhan dan berbagai konflik yang terjadi silih berganti menimpa ibu pertiwi yang menimbulkan kerugian, kerusakan hingga merenggut nyawa. Kondisi ini harus kita cegah, kita antisipasi dan tepat mencari solusi,” kata Irjen Rycko.

Dia mengungkapkan, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusuhan di tanah air, antara lain arogansi seseorang atau kelompok orang, adanya upaya mengadu domba sesama warga bangsa dan distribusi kekayaan yang tidak merata.

“Ketiga faktor ini jelas bertentangan dengan semangat yang terkandung dalam peringatan Hari Raya Idul Qurban,” tandasnya.

Untuk memberantas ketiga faktor tersebut, kata Kapolda, ada pelajaran karakter dari Nabi Ibrahim yang patut dicontoh. “Karakter tersebut adalah keberanian, kerelaan, keikhlasan, kepatuhan tanpa batas dan musyawarah,” papar mantan Gubernur Akpol ini
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.5297 seconds (0.1#10.140)