Trump Siap Balas Negara yang Keluarkan Travel Warning ke AS

Sabtu, 10 Agustus 2019 - 15:30 WIB
Trump  Siap Balas Negara yang Keluarkan Travel Warning ke AS
Presiden AS Donald Trump mengancam akan membalas negara yang mengeluarkan travel warning ke negaranya. FOTO/IST
A A A
WASHINGTON - Sejumlah negara mengeluarkan travel warning ke Amerika Serikat (AS) pasca terjadinya dua penembakan massal. Meresepon hal ini Presiden AS, Donald Trump, mengancam akan "membalas" negara-negara yang mengeluarkan travel warning ke negaranya.

"Yah, saya tidak bisa membayangkan itu. Tetapi jika mereka melakukan itu, kami hanya akan membalasnya," jawab Trump saat ditanya tentang reaksinya terhadap travel warning yang dikeluarkan sejumlah negara.

"Kami adalah negara yang sangat timbal balik, dengan saya sebagai Presiden. Ketika seseorang melakukan sesuatu yang negatif kepada kami dalam hal suatu negara, kami melakukannya untuk mereka," tambahnya.

"Dengar, negara kita telah dimanfaatkan oleh negara-negara asing, bahkan sekutu - termasuk sekutu, dan dalam banyak kasus, lebih dari siapa pun," kata Trump.

"Kami telah dimanfaatkan selama bertahun-tahun, dan itu berhenti. Itu berhenti," tukasnya seperti dikutip dari The Hill, Sabtu (10/8/2019).

Uruguay, Venezuela, dan Jepang mengeluarkan travel warning minggu ini setelah AS mengalami dua penembakan massal yang menewaskan 31 orang pada akhir pekan lalu. Jepang bahkan memperingatkan potensi insiden tembakan di mana-mana di Amerika Serikat, dan menggambarkan negara itu sebagai masyarakat bersenjata.

Sementara Uruguay mengatakan kepada warga negaranya untuk mewaspadai meningkatnya kekerasan tanpa pandang bulu, kebanyakan atas kejahatan rasial. Sedangkan Venezuela mengeluarkan peringatan dengan mengatakan maraknya tindakan kekerasan dan kejahatan rasial baru-baru ini.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0864 seconds (0.1#10.140)