OS Harmony Besutan Huawei Resmi Tantang Google Android

Sabtu, 10 Agustus 2019 - 13:16 WIB
OS Harmony Besutan Huawei Resmi Tantang Google Android
Richard Yu, CEO Huawei saat berbicara tentang OS Harmony di depan peserta konferensi. Foto/Giz China
A A A
SHENZHEN - Huawei, sang raksasa manufaktur China memulai konferensi pengembang tahunannya. Dan dari acara ini terjawab sudah tentang rumor sistem operasi penantang Google Android.

Kita sudah tahu bahwa Huawei memiliki OS-nya sendiri. Beragam nama telah muncul, sebut saja OS HongMeng, OS Ark, OS Oak, dan lainnya. Namun Huawei perusahaan baru saja mengumumkan nama resmi dari sistem operasi besutannya sendiri, yakni OS Harmony.

Laman Giz China melaporkan, sekarang dapat dilihat bahwa platform open-source ini punya nama akhir untuk sistem HongMeng-nya. Setelah pelonggaran larangan AS, banyak pejabat tinggi Huawei mengklaim bahwa sistem HongMeng bukan untuk smartphone.

Tetapi pada konferensi, sistem tersebut ternyata untuk handphone, speaker pintar, komputer, jam tangan pintar, earbud nirkabel, mobil, dan tablet. Kemampuan OS tersebut diungkap Richard Yu, CEO Huawei saat berbicara tentang OS Harmony di depan peserta konferensi.

Menurut Richard Yu, sistem ini adalah OS terdistribusi berbasis kernel pertama untuk semua skenario. OS juga mendukung ukuran RAM mulai dari kilobyte hingga gigabyte.

Dikatakannya, OS Harmony kompatibel dengan aplikasi HTML5, Linux, dan Android. Dengan catatan kompatibilitasnya masih perlu dikembangkan. "Mereka (aplikasi) semua akan dapat berjalan di OS kami di masa depan," kata Richard Yu.

CEO Huawei percaya HarmonyOS merupakan alternatif untuk Android pada smartphone-nya. Namun perusahaan masih akan tetap menggunakan Android untuk saat ini. "Jika kami tidak dapat menggunakan Android di masa depan, maka dapat segera beralih ke HarmonyOS," katanya tegas.

"Bagi kami untuk bermigrasi dari Android ke Harmony OS tidak sulit. ARK Compiler yang digunakan untuk sistem ini mendukung Kotlin, Java, Javascript, C, dan C ++," paparnya.

Untuk diketahui bakal ada peluncuran Honor Vision TV besok di China. Ini mungkin menjadi perangkat pertama yang menggunakan OS Harmony.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5371 seconds (0.1#10.140)