alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Nama Fakhri Husaini Tak Ada Dalam Daftar Pelatih Timnas

Susanto
Nama Fakhri Husaini Tak Ada Dalam Daftar Pelatih Timnas
Fakhri Husaini yang membawa Timnas U-16 kampiun Piala AFF U-18 2018 tidak masuk dalam daftar pelatih Timnas. FOTO/DOK.PSSI

JAKARTA - Sejumlah nama baru hari ini dipilih untuk duduk di kursi pelatih Timnas Indonesia oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Namun anehnya, Fakhri Husaini yang membawa Timnas U-16 kampiun Piala AFF U-18 2018 justru tidak termasuk dalam daftar.

Setelah menggelar rapat bersama anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI di salah satu hotel di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (20/12/2018), PSSI mengumumkan bahwa kursi pelatih Timnas Senior dihuni Simon McMenemy. Sedangkan posisi pelatih Timnas U-22 dijabat Indra Sjafri, adapun kursi pelatih Timnas U-16 diduduki Bima Sakti.

Keputusan tersebut menuai komentar beragam di kalangan masyarakat. Lewat media sosial, netizen seperti biasa menyuarakan pendapat mereka. Sebagian besar menganggap bahwa PSSI telah mengabaikan sosok Fakhri Husaini.



"Fakhri Husaini mana PSSI? Kurang apa, tim yang ia bina (Timnas U-16) memberikan prestasi ke Indonesia," tulis Heri Mb, pemilik akun Twitter @kampoeng_milan.

Soal jabatan pelatih Timnas Indonesia U-16 memang menjadi sorotan. Setelah berhasil mempersembahkan trofi Piala AFF U-16 2018, 11 Agustus lalu, Fakhri pernah mengucapkan bahwa dirinya enggan jika ditunjuk kembali memegang Timnas U-16.

"Tapi, kalau memang saya diminta balik (melatih) lagi ke Timnas U-16, saya enggak mau. Buat saya itu sudah enggak menantang," kata Fakhri pada saat itu.

Namun, pernyataan itu dianggap sebagai sinyal bahwa Fakhri ingin menukangi timnas dengan level usia yang lebih tinggi seperti Timnas U-19 atau di atasnya.

Dalam konferensi pers, PSSI menjelaskan bahwa posisi pelatih Timnas U-19 masih kosong karena mereka ingin menyiapkan skema baru tentang pembinaan kelompok umur di level itu. Dan, untuk kandidat pelatih Timnas U-19 ada beberapa nama, salah satunya Fakhri Husaini.

"Common sense kami ada di pos itu (Timnas U-19), tapi (kandidat pelatih, red) bukan cuma Fakhri," kata wakil ketua umum PSSI, Joko Driyono.



(AMM)