alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Semarang Bersih-bersih Taman Makam Pahlawan

Angga Rosa
Bawaslu Semarang Bersih-bersih Taman Makam Pahlawan
Jajaran Bawaslu Kabupaten Semarang saat membersihkan Taman Makam Pahlawan Bhakti Pratiwi Ungaran, Jumat (9/8/2019). Foto/I

SEMARANG - Bawaslu Kabupaten Semarang menggelar bakti sosial membersihkan Taman Makam Pahlawan (TMP) Bhakti Pratiwi Ungaran, Jumat (9/8/2019). Kegiatan ini diikuti seluruh Komisioner, koordinator sekretariat dan seluruh staf Bawaslu Kabupaten Semarang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang Mohammad Talkhis mengatakan, kegiatan bersih-bersih makam pahlawan ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Diharapkan melalui kegiatan ini jajaran Bawaslu dapat meningkatkan rasa hormat kepada para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa dan raganya demi tegaknya NKRI.

"Rasa cinta tanah air ini harus kita pupuk dari hari kehari, salah satunya dengan kegiatan yang kita lakukan hari ini," kata Talkhis.



Kegiatan bakti sosial membersihkan Taman Makam Pahlawan Bhakti Pratiwi Ungaran ini diawali dengan apel yang dipimpin oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Semarang Sri Widodo. Selanjutnya para Komisioner dan staf Bawaslu Kabupaten Semarang menyebar ke beberapa titik mulai membersihkan area makam para pejuang.

Mereka menyapu daun-daun yang kering, mencabuti rumput dan membersihkan lumut yang tumbuh di dekat pusara para pejuang. Akhir kegiatan ditutup dengan renungan dan hening cipta yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang.

Talkhis mengatakan, sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu, jajaran Bawaslu harus bekerja sebaik-baiknya untuk memperbaiki kualitas demokrasi di Indonesia, khususnya demokrasi elektoral di Kabupaten Semarang. Sebab pada akhirnya, masa depan negara dan bangsa Indonesia kedepan akan sangat ditentukan dari proses demokrasi elektoral yang berproses dari saat ini.

"Tentunya jika kita bisa mengawasi pelaksanaan Pemilu dengan baik sehingga kualitas demokrasi semakin baik, maka masa depan Indonesia akan dapat sesuai dengan harapan para pahlawan-pahlawan yang telah gugur dan disemayamkan di Taman Makam Pahlawan ini," tukasnya.

Ia menambahkan, Pemilu Serentak 2019 telah usai, dan kini masyarakat akan menyongsong Pilkada Serentak 2020. Salah satu daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada 2020 adalah Kabupaten Semarang.

Salah satu daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada 2020 adalah Kabupaten Semarang. Untuk itu, dia mengajak seluruh jajaran Bawaslu agar dapat merefleksikan nilai-nilai kepahlawanan dalam karakter dan etos kerja kelembagaan dalam menghadapi Pilkada 2020.

"Mari kita tata sikap batin kita, dengan meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan, yakni bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, jujur, adil, percaya kepada kemampuan sendiri, pantang menyerah serta kerja keras untuk membangun demokrasi Indonesia semakin baik," tuntasnya.

Sementara itu, Agus dari Dinas Sosial Kabupaten Semarang menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Semarang. Dia menjelaskan, di TMP Bhakti Pratiwi Ungaran ini ada 75 makam para pejuang kemerdekaan, sebagian besar adalah para pejuang yang gugur dalam pertempuran di Ambarawa pada 1945.
"Jas Merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah khususnya kepada pemuda sebagai penerus bangsa," ucapnya.



(nun)

loading...