alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Truk Terguling, Belasan Penumpang Luka-Luka

Suharjono
Truk Terguling, Belasan Penumpang Luka-Luka
Truk sarat muatan penumpang terguling di Ponjong Gunungkidul. FOTO/SINDOnews/Suharjono

GUNUNGKIDUL - Sedikitnya 18 warga Desa Kenteng Kecamatan Ponjong mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit dan puskesmas. Ini lantaran truk yang ditumpangi tidak kuat menanjak dan terguling, Jumat (9/8/2019) siang tadi.

Peristiwa tragis ini terjadi di tanjakan di Dusun Mendak, Sumbergiri, Ponjong. Saat itu truk dengan nomor polisi AB 9148 ED yang dikemudikan oleh Parsi, 55 warga Mendak RT 02 RW 02, Sumbergiri membawa 27 warga dari Pasar Ponjong. Minimnya sarana transportasi memaka warga menggunakan angkutan yang tidak semestinya untuk mengangkut penumpang.

Sesampainya di tanjakan, mesin truk mengalami masalah dan tidak kuat menanjak. Sopirpun berusaha menabarakkan bagian belakang yang mundur ke tebing sisi kiri. Namun sayang, truk justru terguling dan para penumpang meloncat sehingga banyak yang mengalami luka luka.



"Ada 18 yang mengalami luka mulai dari lecet hingga patah tulang," terang Kanit Lantas Polsek Ponjong Iptu Edy Ganefiono kepada wartawan, Jumat (9/8/2019).

Dijelaskannya, Jalan Ponjong - Kenteng memang memiliki tanjakan yang tinggi dan panjang. Namun demikian kasus kecelakaan lalu lintas baru pertama kali terjadi.

"Dugaan sementara sopir terlambat oper gigi. Kemudian truk tidak kuat menanjak dan mundur akhirnya terguling," ulasnya.

Namun demikian pihaknya masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut atas musibah tersebut. "Para penumpang langsung dilarikan ke rumah sakit dan puskesmas. Beberapa di antaranya harus dibawa ke RS Panti Rapih Yogyakarta karena patah di tulang panggul," beber dia.

Hingga kini petugas masih memeriksa sopir. Ini juga berkaitan dengan ketidaksesuaian peruntukan kendaraan yang semestinya untuk angkutan barang namun digunakan mengangkut penumpang.



(nun)

loading...