Rusia Kirim Kapal Perusak Berpeluru Kendali di Laut Hitam

Jum'at, 09 Agustus 2019 - 11:20 WIB
Rusia Kirim Kapal Perusak Berpeluru Kendali di Laut Hitam
Kapal perang Smetlivy milik Rusia
A A A
MOSKOW - Pergerakan kapal perusak milik Amerika Serikat, USS Porter, di Laut Hitam, tengah diawasi oleh Armada Laut Rusia. Demikian pernyataan yang dikeluarkan Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia.

Menurut pernyataan itu, pemantauan langsung dilakukan oleh kapal perusak berpeluru kendali Smetlivy seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (9/8/2019).

Kapal perusak kelas Arleigh Burke, USS Porter, sendiri dipersenjatai dengan rudal jelajah dan pencegat rudal. Kapal itu memasuki bagian selatan Laut Hitam pada 8 Agustus lalu.

"Operasi militer angkatan laut kami menegaskan kembali tekad kolektif kami untuk keamanan Laut Hitam dan meningkatkan hubungan kuat kami dengan sekutu dan mitra NATO kami di kawasan itu," kata Wakil Laksamana Lisa Franchetti, komandan Armada ke-6 AS, dalam sebuah pernyataan.

Ini adalah keenam kalinya kapal perusak bersenjata rudal milik AS masuk Laut Hitam pada tahun ini. Pada awal Juli lalu, Rusia mengaku telah memantau pergerakan kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke milik AS, USS Carney yang memasuki kawsan Laut Hitam. USS Carney memasuki Laut Hitam melewati Bosphorus untuk mengikuti laithan gabungan yang disebut Sea Breeze.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0910 seconds (0.1#10.140)