Kapal Selam Cangih Ini Segera Perkuat Armada Tempur TNI AL

Kamis, 08 Agustus 2019 - 21:16 WIB
Kapal Selam Cangih Ini Segera Perkuat Armada Tempur TNI AL
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau fasilitas Kapal Selam Alugoro-405 yang akan memperkuat armada tempur TNI AL dalam waktu dekat ini. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Koleksi kapal selam canggih TNI AL segera bertambah. Kapal Selam-3/Alugoro-405 secepatnya memperkuat Armada TNI Angkatan Laut (AL). Hal tersebut terungkap setelah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito meninjau kapal selam tersebut di Galangan Kapal PT PAL (Persero), Surabaya, Kamis (8/8/2019).

”Ini merupakan kapal selam ketiga yang dibangun dengan skema alih teknologi (Transfer of Technology) antara Daewoo Shipbuilding Marine and Engineering (DSME) Korea Selatan dengan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Surabaya,” ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama M Zaenal.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, saat ini TNI AL telah diperkuat oleh dua kapal selam sejenis, yakni KRI Nagapasa-403 pada 2017 dan KRI Ardadedali-404 pada 2018.

Kapal Selam Alugoro – 405 memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah permukaan air, mampu berlayar lebih dari 50 hari dan dapat menampung lebih dari 40 kru kapal ditambah dengan satu tim pasukan elit TNI AL untuk menunjang fungsi operasinya.

Nama Alugoro diambil dari nama sebuah senjata pemukul yang dimiliki oleh tokoh pewayangan Prabu Baladewa, senjata tersebut berupa gada yang digunakan oleh para ksatria atau bangsawan lainnya.

”Kekuatan senjata ini adalah dengan sekali pukul dapat menghancurkan kepala orang yang dipukulnya. Senjata ini dianggap sakti karena pemberian dari Dewa yaitu Batara Guru, sebagai hadiah pada waktu Baladewa menikah dengan Dewi Erawati,” katanya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1363 seconds (0.1#10.140)