alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Laskar PLN Klaim Pemulihan Black Out Jakarta Setara di New York AS

Ahmad Antoni
Laskar PLN Klaim Pemulihan Black Out Jakarta Setara di New York AS
Pekerja PLN tak kenal lelah memperbaiki SUTET ketika sedang mengalami ganggguan. IST

SEMARANG - Ketua Umum Serikat Pekerja Laskar PLN Tonny Ferdianto menegaskan bahwa upaya karyawan PLN dalam mengatasi gangguan SUTET yang menyebabkan listrik padam di Jakarta, Jawa Barat dan Banten, sudah setara dengan standar pelayanan World Class Services (WCS).

“Kemarin (4/8) pemadaman bisa kita pulihkan total dengan durasi paling lama 2 hari di sebagian kecil tempat, ini sudah setara dengan pemulihan black out 13-14 Juli di New York Amerika Serikat kemarin,” ungkap Tonny dalam siaran pers, Kamis (8/8/2019) pagi.

Dia menjelaskan, pada saat gangguan Minggu (4/8/2019) tersebut, secara kelistrikan pulau Jawa terpecah menjadi 2 bagian “Kondisi normalnya memang beban terkonsentrasi di bagian barat pulau Jawa termasuk DKI dan Banten. Resource yang dimiliki PLN, pembangkit yang murah dan berkualitas itu di bagian tengah dan timur, otomatis tiap hari itu selalu terjadi transfer daya yang besar ke arah barat," bebernya.



Dia mengungkapkan, ketika listrik di barat sudah terpisah dengan timur karena gangguan pada saluran transmisi, yang terjadi sudah pasti overload kapasitas.

"Kemampuan pembangkit yang ada di barat tak mampu memikul sendiri karena sudah terpisah dari sistem di tengah dan timur. Inilah awal mula kejadian pemadaman yang meluas tersebut,” ungkapnya.

Apa yang terjadi selanjutnya? Pembangkit di wilayah barat yang mayoritas PLTU (uap) mempunyai karakter yang lama start up, ini juga salah satu kendala dalam pemulihan.

“Pengatur beban (P2B) sudah semaksimal mungkin mencari alternatif daya dari pembangkit yang cepat masuk ke sistem, namun apa daya mayoritas PLTU di barat masih banyak yang dalam proses “firing” untuk masuk lagi ke sistem, sedangkan transfer dari timur sudah tidak dapat lagi ditambah”. pungkasnya.

Dia menyatakan, sebagai bentuk tanggungjawab dan kewajiban serikat pekerja terhadap perusahaan Laskar PLN selalu siap untuk dilibatkan oleh manajemen PLN dalam mengusut tuntas penyebab gangguan yang telah merugikan banyak pihak tersebut.



(mif)