Rutan Solo Melebihi Kapasitas, Satu Sipir Tangani 48 Napi

Rabu, 16 Januari 2019 - 13:24 WIB
Rutan Solo Melebihi Kapasitas, Satu Sipir Tangani 48 Napi
Jumlah warga binaan di Rutan Kelas 1 Surakarta ternyata melebihi daya tampung yang ditetapkan. Akibatnya satu sipir menangani 48 napi. FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SEMARANG - Peristiwa kericuhan di Rutan Kelas I Surakarta pada Kamis (10/1/2019), tak hanya dipicu saling ejek pembesuk dengan tahanan, tetapi juga akibat daya tampung di rutan yang berada di Jalan Slamet Riyadi Solo itu telah melebihi kapasitas.

Hal tersebut terungkap berdasarkan hasil penyelidikan sementara yang dilakukan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah. Menurut Kepala Kemenkumham Jateng, Dewa Putu Gede, Rutan Kelas I Surakarta idealnya hanya bisa dihuni 300 tahanan. Namun pihaknya mendapati jumlah tahanan telah membengkak. Berdasar data terakhir paska keributan, jumlah tahanan rutan 670 orang.

"Kapasitas Rutan Surakarta seharusnya dihuni 300 tahanan. Tapi isinya sekarang terdapat 670 orang lebih. Itu artinya kapasitas rutan sudah dua kali lipat sehingga memaksa para sipir bekerja ekstra keras," kata Dewa kepada wartawan, Rabu (16/1/2018).

Karena over kapasitas, perbandingan tugas satu sipir menangani 48 orang. "Bisa kita bayangkan, dengan fasilitas dan kondisi sangat terbatas harus menangani tahanan sebanyak itu. Saya sudah berkoordinasi dengan Kadivpas untuk lihat kantong-kantong lapas yang kosong, sehingga ada kemungkinan untuk dipindah," katanya.

Sementara itu, paska kericuhan, pola pengamanan di Rutan Kelas I Surakarta telah diambil alih aparat keamanan. Tahanan rutan yang dipindahkan di Mapolda Jateng saat ini berjumlah 10 orang. "Ada 10 orang yang ditaruh di Polda Jateng. Ini demi menjaga kondusifitas Rutan Solo," kata Dewa.

Penahanan dilakukan hingga 10 tahanan tersebut divonis bersalah oleh pengadilan. "Nanti kalau sudah diputus akan disebarkan ke lapas-lapas lainnya," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1066 seconds (0.1#10.140)