Sambangi Stasiun Kemiri, Rail Clinic Layani 400 Warga Karanganyar

Selasa, 06 Agustus 2019 - 13:20 WIB
Sambangi Stasiun Kemiri, Rail Clinic Layani 400 Warga Karanganyar
Kegiatan Rail Clinic atau kereta kesehatan yang memberikan layanan kesehatan gratis kepada warga di Stasiun Kemiri, Karanganyar, Selasa (6/8/2019). Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
KARANGANYAR - Rail Clinic atau Kereta Kesehatan giliran menyambangi Stasiun Kemiri, di Kabupaten Karanganyar, Selasa (6/8/2019). Sebanyak 400 warga di sekitar stasiun mendapat beragam layanan kesehatan gratis yang diselenggarakan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengemukakan, kereta yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas kesehatan melayani sekitar 400 warga Kelurahan Nangsri dan Kelurahan Kemiri di Kabupaten Karanganyar.

“Kereta Kesehatan melayani warga masyarakat sekitar Stasiun Kemiri sejak pagi. Kami sudah membagikan sekitar 400 undangan untuk masyarakat melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis di atas Kereta Kesehatan ini,” kata Eko Budiyanto di sela sela kegiatan Rail Clinic di Stasiun Kemiri, Karanganyar, Selasa (6/8/2019).

Kegiatan Rail Clinic merupakan program CSR yang digelar secara rutin oleh PT KAI sebagai salah satu bentuk kepedulian BUMN terhadap masyarakat sekitar lingkungan kerja KAI. Kegiatan Rail Clinic meliputi pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan gigi untuk anak SD, sosialisasi keselamatan, dan pemberian bantuan kacamata untuk siswa SD serta pemberian alat olahraga untuk masyarakat.

“PT KAI Daop 6 selain memberikan layanan kesehatan, juga memberikan bantuan 50 buah kaca mata gratis kepada siswa SD. 35 kaca mata diberikan kepada siswa SDN 1 Nangsri, dan 15 kaca mata diberikan kepada siswa SDN 4 Kemiri,” ungkapnya.

Diharapkan, bantuan kacamata dapat membantu anak-anak pada saat belajar. Adapun pelayanan kesehatan yang disediakan di dalam Rail Clinic Generasi 4 adalah pelayanan kesehatan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan kesehatan umum, kesehatan gigi, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium, serta layanan kefarmasian.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Rail Clinic generasi 4 ini terdapat dua kereta layanan kesehatan dan dua kereta lainnya sebagai perpustakaan yang dinamakan Rail Library.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5386 seconds (0.1#10.140)