FKIP UNS Kirim 8 Mahasiswa PPL Internasional ke Thailand

Minggu, 04 Agustus 2019 - 21:20 WIB
FKIP UNS Kirim 8 Mahasiswa PPL Internasional ke Thailand
Mahasiswa FKIP UNS yang dikirim KKL Internasional ke Thailand. FOTO/IST
A A A
SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengirim delapan Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional Ke Thailand. Para mahasiswa yang berasal dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), bakal praktik melalui koordinasi dengan Sekretariat South East Asian Minister of Education Organisation (SEAMEO).

Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS Solo, Dr Mardiyana mengemukakan, program bertujuan meningkatkan daya saing lulusan di tingkat global. Sehingga pihaknya terus melanjutkan program percepatan Internasionalisasi Fakultas. “Program yang dikelola oleh tim Internasionalisasi FKIP UNS selaras dengan upaya UNS menuju World Class University (WCU)," ujar Mardiyana dalam siaran pers yang diterima, Minggu (4/8/2019).

PPL melalui koordinasi dengan Sekretariat SEAMEO , diselenggarakan sebuah kegiatan yang dinamakan Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project) dan Kerjasama U to U antara UNS dan Thepsatri Rajabhat University, Thailand. Mardiyana berpesan kepada ke delapan mahasiswa PPL harus menunjukkan prestasi yang baik untuk membawa nama baik UNS di level internasional.

Mahasiswa yang mengikuti PPL internasional, lanjutnya, tidak lagi perlu melaksanakan magang di tanah air sebagaimana yang rutin dilaksanakan FKIP UNS, sebab kegiatan PPL Internasional memiliki sistem kredit dan penilaian yang setara dengan PPL Lokal. Koordinator pertukaran mahasiswa Nurma Yunita Indriyanti mengatakan, FKIP UNS terus berpartisipasi dalam pertukaran mahasiswa.

Sejak tahun 2016, total mahasiswa yang telah mengikuti program ini sebanyak 90 mahasiswa FKIP UNS. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan pedagodik dan keterampilan mengajar bagi mahasiswa calon guru. Sekaligus mendorong penguasaan bahasa Inggris dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa calon guru untuk mendapatkan pengalaman di lingkungan global.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7204 seconds (0.1#10.140)