alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Status Merapi Waspada, Prajurit Kodam Standby Amankan Jalur Evakuasi

Ahmad Antoni
Status Merapi Waspada, Prajurit Kodam Standby Amankan Jalur Evakuasi
Prajurit Kodam IV/Diponegoro siap membantu warga terdampak jika nantinya Gunung Merapi erupsi. FOTO/IST

SEMARANG - Prajurit Kodam IV/Diponegoro dalam posisi standby seiring status Gunung Merapi pada level II atau Waspada. Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IV/Diponegoro, Kolonel Arh Zaenudin menyatakan kesiapan personel Kodam untuk membantu warga terdampak jika nantinya Merapi erupsi.

"Para personel (prajurit) masih standby bila setiap waktu dibutuhkan untuk membantu menanggulangi dampak bencana di lereng Merapi. Termasuk memetakan kebutuhan personel dan peralatan yang digunakan saat berada di lokasi tersebut," kata Zainuddin di Kantor Pendam IV/Diponegoro, Semarang, Selasa (15/1/2019).

"Kami selalu siap membantu mengamankan, kapan pun diminta. Aparat teritorial sudah digelar. Kami sudah melaksanakan mitigasi, berkoordinasi bersama BPBD dan kepala daerah jika bencana itu terjadi," katanya.



Kapendam menambahkan, pengerahan personel masih menunggu aba-aba dari pemerintah pusat terkait peningkatan status Gunung Merapi. Dia mengungkapkan, saat ini Babinsa sudah bergerak secara bertahap untuk melakukan mitigasi bencana di gunung yang berada di antara Kabupaten Klaten, Boyolali, Magelang, dan Sleman tersebut.

"Babinsa terus bergerak untuk menginformasikan perkembangan terkini mengenai status erupsi Gunung Merapi kepada masyarakat setempat," ungkapnya.

Namun karena status Merapi masih berstatus waspada level 2, Babinsa yang berada di wilayah lereng Merapi sebatas mengabari masyarakat sekitar untuk berhati-hati.



(AMM)

loading...