TNI Bangun Desa Mandiri yang Bisa Bersaing dengan Desa Perkotaan

Minggu, 04 Agustus 2019 - 12:56 WIB
TNI Bangun Desa Mandiri yang Bisa Bersaing dengan Desa Perkotaan
TNI Bangun Desa Mandiri yang Bisa Bersaing dengan Desa Perkotaan. Foto/Dok.Okezone.com
A A A
SEMARANG - Tidak sedikit masyarakat yang masih beranggapan bahwa tugas TNI hanyalah perang untuk menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI.

Menurut Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Arh Zaenudin, anggapan itu tidak salah, namun sesungguhnya berdasar UU No. 34 Tahun 2004 tentang TNI, untuk melaksanakan tugas pokoknya disamping dilakukan melalui operasi militer perang (OMP) juga dilakukan melalui operasi militer selain perang (OMSP).

Kapendam menerangkan, sesuai Pasal 7 Ayat (2) UU tersebut, dalam OMSP terdapat 14 macam operasi diantaranya memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta serta membantu tugas pemerintahan di daerah yang diantaranya diimplementasikan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

"Melalui TMMD, TNI berupaya untuk membinaan dan memberdayakan semua potensi yang ada, mulai dari geografi, demografi maupun kondisi sosial menjadi potensi pertahanan baik pada aspek ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan maupun aspek-aspek berpengaruh lainnya, sehingga dapat meningkatkan ketahanan wilayah dalam menghadapi setiap kemungkinan ancaman," kata Zaenudin di sela-slela kegiatan pemantauan TMMD Kodam IV/Diponegoro, Minggu (4/8/2019).

Dia menambahkan, secara bottom-up mulai dari musyawarah desa bersama Babinsa, program TMMD diusulkan dengan berdasarkan sekala prioritas. Adapun sasaran kegiatan pada TMMD Reguler ke-105 kali ini adalah wilayah/daerah-daerah yang berkategori pra sejahtera, daerah perbatasan maupun daerah rawan yang perlu mendapat perhatian lebih dibanding desa yang lain.

Di wilayah Kodam IV/Diponegoro secara serentak dilaksanakan mulai 10 Juli hingga 8 Agustus 2019 di empat lokasi yakni di wilayah Kodim 0712/Tegal, Kodim 0716/Demak, Kodim 0723/Klaten dan Kodim 0730/Gunung Kidul. Selain itu, juga dilaksanakan TMMD sengkuyung yang digelar di seluruh Kodim jajaran Kodam IV/Diponegoro.

"Hal ini merupakan bentuk komitmen TNI yang akan selalu hadir bersama-sama masyarakat untuk membantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan persoalan masyarkat maupun mewujudkan kesejahteraan, baik melalui peningkatan kehidupan ekomomi maupun pembangunan dan peningkatan atau perbaikan fasilitas infrastruktur seperti jalan, jembatan, irigasi, sanitasi warga serta fasilitas-fasilitas umum lainnya," ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan telah terbangunnya infrastruktur yang memadahi dan bekal wawasan kebangsaan dan ilmu pengetahuan serta berbagai keterampilan, kehidupan masyarakat di pedesaan dapat lebih sejahtera.

"Desa-desa di pinggiran menjadi desa mandiri yang dapat bersaing dengan desa-desa di perkotaan. Inilah tujuan akhir dari OMSP, bersama TNI membangun desa mandiri dan sejahtera," pungkasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7582 seconds (0.1#10.140)