Soetta Bandara dengan Penundaan Penerbangan Terbanyak di Dunia

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 19:28 WIB
Soetta Bandara dengan Penundaan Penerbangan Terbanyak di Dunia
Data dari situs flight-tracking Flight Stats mengungkapkan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di Jakarta dengan penundaan penerbangan paling banyak di dunia pada periode Juni 2018 hingga Mei 2019. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tercatat sebagai bandara dengan penundaan penerbangan paling banyak di dunia. Data ini disampaikan oleh situs flight-tracking Flight Stats yang mencatat pada periode Juni 2018 hingga Mei 2019. Penundaan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta paling sering selama 12 bulan terakhir dari 106 bandara Internasional di seluruh dunia.

Data ini berdasarkan, hasil penelitian yang diterbitkan oleh perusahaan penyimpanan bagasi Stasher, seperti dilansir Businessinsider.sg. Dalam penelitian tersebut, bandara dengan penundaan penerbangan terbanyak disurvei berdasarkan delapan faktor, termasuk kemungkinan penundaan penerbangan, jumlah toko dan lounge, jarak ke pusat kota dan biaya parkir, kemudian standar data diberikan skor antara nol dan 10 untuk setiap faktor.

Bandara dengan skor keseluruhan terbaik diraih oleh Bandara Internasional Rusia Sheremetyevo Alexander S. Pushkin, yang mencetak 10 nilai yang mana untuk keterlambatan penerbangan dan parkir masih dikelola dengan baik. Sedangkan bandara terburuk pada peringkat tersebut ditempati Bandara Tenerife Selatan di Spanyol.

Sementara itu, Bandara Changi Singapura berada di peringkat 13. Hal ini dikarenakan mendapat nilai buruk untuk biaya parkir, sementara Bandara Internasional Kuala Lumpur Malaysia berada di peringkat 27 karena jumlah toko yang masih sedikit

Dalam hal keterlambatan penerbangan, Stasher mengambil data dari situs web pelacakan penerbangan Statistik Penerbangan antara Juni 2018 dan Mei 2019 serta menghitung persentase penerbangan yang tertunda lebih dari 15 menit di setiap bandara.

Menurut Stasher, Bandara Soekarno-Hatta Jakarta memiliki penundaan paling besar di seluruh dunia, diikuti oleh Bandara London Stanstead dan Bandara Ninoy Aquino Filipina di Manila.

Perusahaan mengatakan bahwa infrastruktur Asia Tenggara sedang berjuang untuk mengikuti peningkatan jumlah wisatawan, dan penerbangan di wilayah tersebut sering dipengaruhi oleh kondisi cuaca, terutama selama musim hujan.

Ia menambahkan bahwa Bandara Stanstead telah berinvestasi secara signifikan dalam meningkatkan ketepatan waktu penerbangannya. Selanjutnya bandara-bandara dalam peringkat paling tepat waktu adalah Bandara Brussels dan Bandara Lisbon Portela.

Sedangkan yang berada di urutan 10 terbawah adalah Bandara Tan Son Nhat (Vietnam), Bandara Charles de Gaulle (Prancis), Bandara Kairo (Mesir), Bandara Frankfurt (Jerman) dan Bandara Josep Tarradellas Barcelona-El Prat (Spanyol).

Adapun bandara yang paling tepat waktu, Bandara Sheremetyevo Rusia berada di puncak, dengan hanya 6% dari penerbangannya tertunda selama lebih dari 15 menit. Kemudian diikuti oleh Bandara Tenerife North Spanyol dan bandara Tokyo Haneda dan Kansai International di Jepang. Melengkapi lima besar yakni Bandara Mariscal Sucre Eucador. Selanjutnya untuk tepat waktu, Bandara Changi berada di peringkat ke-49, sedangkan Bandara Internasional Kuala Lumpur berada di peringkat ke-67.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4363 seconds (0.1#10.140)