Google Tawarkan Memilih Alternatif Aplikasi Browser Lain di Eropa

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 16:00 WIB
Google Tawarkan Memilih Alternatif Aplikasi Browser Lain di Eropa
Uni Eropa memaksa Google untuk mencari pesaingnya guna menciptakan ketertiban usaha. Foto/IST
A A A
MOUNTAIN VIEW - Ketegasan Uni Eropa dalam menegakkan aturan anti-monopoli memaksa Google menggelar lelang bagi kompetitornya untuk bersaing secara sehat.

Google diberi mandat untuk menawarkan kepada pengguna Android di Uni Eropa kemampuan memilih pencarian alternatif dan aplikasi browser di perangkatnya dengan syarat tertertu. Tiga penawar tertinggi akan muncul di samping Google selama proses pengaturan untuk semua ponsel cerdas dan tablet Android mulai awal 2020.

Laman GSM Arena mengutarakan, setelah pengguna memilih mesin pencari, maka tindakan itu secara otomatis menjadi opsi default di seluruh antarmuka ponsel dan bahkan di browser Chrome Google. Pengguna masih dapat mengganti mesin pencarian default mereka kapan saja setelah pengaturan awal.

Langkah ini merupakan jawaban langsung terhadap denda antimonopoli senilai 4,3 miliar euro yang diterima Google dari Komisi Uni Eropa setahun lalu. Saat itu raksasa mesin pencari asal AS tersebut dituduh mendorong pencarian dan aplikasi Chrome sebagai default di semua perangkat Android.

Merujuk kejadian di bulan April lalu, Google mengeluarkan solusi untuk mengingatkan penggunanya bahwa mereka dapat mengganti pencarian default dan aplikasi browser di Google Play.

Menurut Google, pilihan untuk proses lelang adalah "metode yang adil dan objektif untuk menentukan penyedia pencarian mana yang termasuk dalam layar pilihan". Proses lelang yang dirinci dalam posting blog perusahaan akan terbuka untuk penyedia pencarian dari semua negara.

Perusahaan mesin pencari yang berpartisipasi akan mengirimkan harga ambang minimum yang bersedia mereka bayarkan setiap kali pengguna memilih produknya dari layar pilihan. Lelang akan dilakukan berdasarkan negara dan batas waktu untuk mengajukan dan mengajukan penawaran adalah 13 September 2019.

Persyaratan utama untuk memasuki pelelangan adalah penyedia pencarian mendukung bahasa lokal di seluruh menu antarmuka di negara tempat mereka melamar. Google memastikan bahwa semua informasi mengenai pelelangan termasuk perusahaan yang mengajukan penawaran dan proposal mereka akan tetap rahasia.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6343 seconds (0.1#10.140)