ACT DIY Distribusikan 1.000 Hewan Kurban ke Seluruh Pelosok DIY

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 06:58 WIB
ACT DIY Distribusikan 1.000 Hewan Kurban ke Seluruh Pelosok DIY
Ribuan kambing yang siap didistribusikan ACT DIY menjelang Hari Raya Idul Adha. FOTO/IST
A A A
YOGYAKARTA - Menjelang hari raya Idul Adha, Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY akan mendistribusikan 1.000 ekor kambing kurban. Kambing kurban tersebut bakal dibagikan untuk seluruh pelosok DIY.

Kepala Cabang ACT DIY, Bagus Suryanto mengatakan pembagian hewan kurban ini akan diprioritaskan untuk wilayah ekonomi rendah di DIY. Selain itu juga wilayah pasca bencana dan wilayah yang benar-benar membutuhkan daging kurban.

“InsyaAllah di momentum Idul Adha kali ini ACT DIY akan mendistribusikan 1.000 ekor kambing ke seluruh DIY, daerah prioritas yang mendapatkan distribusi paling banyak adalah Gunungkidul dan Kulonprogo” terangnya kepada wartawan, Jumat (2/8/2019).

Dijelaskannya pihaknya memilih wilayah bencana dan ekonomi rendah bukannya tanpa alasan. Gunungkidul misalnya. Kabupaten ini merupakan daerah yang sedang dilanda kekeringan dan gagal panen yang luar biasa. Begitu pula dengan Kabupaten Kulonprogo terutama daerah Pelosok yang jarang mendapatkan daging kurban ketika Idul Adha tiba.

"Untuk kambing yang akan kita distribusikan merupakan pasokan dari Lumbung Ternak Wakaf (LTW) milik Global Wakaf – ACT yang berada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah," ulasnya.

Setelah diambil dari Blora, kambing kurban ditampung di kandang ternak milik ACT DIY yang berlokasi di Akademi Relawan Indonesia (ARI) di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.

“Kambing-kambing kurban yang akan dikurbankan tersebut sebelumnya sudah di timbang dengan berat rata-rata 27 kilogram dengan usia diatas 1 tahun agar memenuhi syarat sahnya hewan kurban” lanjut Bagus.

Secara lengkap pembagian hewan kurban ACT DIY adalah 300 ekor untuk Kabupaten Gunungkidul, 300 ekor untuk Kulonprogo, 150 ekor untuk Bantul, 150 ekor di distribusikan di Sleman, dan sebanyak 100 ekor akan di distribusikan di wilayah Kota Yogyakarta. "Selain DIY, secara keseluruhan ACT rencananya akan mendistribusikan hewan kurban di 265 Kabupaten/kota yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia dan 50 negara di penjuru dunia," lanjut dia.

Sementara itu Tim Implementasi Program ACT DIY, Kharis Pradana mengatakan selain mendistribusikan hewan kurban ACT juga menerima bantuan donasi kurban untuk disalurkan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan.

“Untuk satu ekor Kambing seberat 27 kg seharga Rp 1.650.000 dan untuk sapi seberat 220 kg seharga Rp 11.550.000, penyaluran donasi dapat dilakukan melalui bank BNI Syariah dengan nomor rekening 88 00000 150 atas nama Global Qurban,” ujarnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9891 seconds (0.1#10.140)