alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemuda Ini Ubah Limbah Plastik Jadi Lukisan Menawan

Saladin Ayyubi
Pemuda Ini Ubah Limbah Plastik Jadi Lukisan Menawan
Lukisan dari limbah plastik karya Lir Prawono. FOTO/iNews.tv/Saladin Ayyubi

BANYUMAS - Limbah plastik yang oleh sebagian masyarakat dibuang begitu saja, ternyata bisa disulap menjadi bahan baku lukisan yang memiliki nilai ekonomis. Inilah yang dilakukan oleh seorang pemuda asal Banyumas, Jawa Tengah, Lir Prawono,19.

Dengan inovasinya, limbah plastik botol berbagai minuman segar dia jadikan sebagai media lukisan yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah.

Ditangan Lir Prawono limbah plastik dari berbagai botol minuman segar, bisa disulap menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Padahal, limbah plastik botol ini biasanya akan dibuang begitu saja dengan botolnya oleh masyarakat, dan menjadi barang rongsok oleh pemulung.



Lir Prawono melukis berbagai model seperti foto artis dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Selain itu Lir Prawono juga melukis vespa, burung hingga peta Indonesia.

"Melukis dengan media limbah plastik botol ini lebih sulit dibanding melukis dengan cat atau pensil. Ini karena untuk melukis satu lukisan ini perlu memakan waktu satu hari lebih atau bisa dua hari, tergantung tingkat kerumitan dari foto yang akan dilukis," terangnya.

Harga lukisan ini sangat variatip yaitu antara Rp250.000 rupiah hingga Rp500.000 rupiah ini tergantung besar kecil dan tingkat kerumitan lukisan ini.
Pemuda Ini Ubah Limbah Plastik Jadi Lukisan Menawan

Ide membuat lukisan ini sendiri lahir, setelah dirinya melihat banyaknya sampah plastik yang berserakan di sungai maupun di jalanan. Sementara dirumahnya juga terkumpul banyak plastik bekas karena ayahnya adalah seorang pemulung. Dari sinilah akhirnya terpikir perlu melakukan inovasi agar limbah plastik botol minuman segar ini bermanfaat.

Lukisan Lir Prawono, remaja berusia 19 tahun ini juga menghiasi sejumlah galeri di Purwokerto. Salah satu kurator lukisan, Guno Purtopo mengaku ikut mengoleksi dan memasarkan hasil karya perupa muda ini agar mempunyai nilai jual lebih tinggi lagi.



(nun)

loading...