alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sleman dan Kagoshima Jepang Jajaki Kerjasama Tangani Bencana Erupsi

Priyo Setyawan
Sleman dan Kagoshima Jepang Jajaki Kerjasama Tangani Bencana Erupsi
Sleman dan Kagoshima Jepang Jajaki Kerjasama Tangani Bencana Erupsi. Ilustrasi/Twitter@BPPTKG

SLEMAN - Pemkab Sleman dan kota Kagoshima, Jepang menjajaki kerjasama dalam menanggani bencana erupsi. Sebagai tindaklanjutnya, delegasi Kogoshima selama tiga hari, Senin-Rabu (29-31/7/2019) mengunjungi Sleman. Untuk itu selama di Sleman, selain diajak langsung ke kawasan lereng Merapi, juga mendapatkan penjelasan soal penangganan dan simulasi saat terjadi erupsi Merapi.

Seksi Manajemen Krisis Kota Kagoshima, Takashi Kofuku mengatakan kerjasama ini penting, sebab Sleman dan Kogashima dekat dengan gunung berapi yang aktif. Di Sleman ada gunung Merapi di Kogashima ada gunung Sakurajima, yang jaraknya hanya 4 kilometer (km) dari kota Kogashima.

“Karena itu tukar informasi dalam penanganan jika terjadi erupsi dan bagaimana antisipai maupun pencegahan agar tidak banyak korban, sangat diperlukan,” kata takashi Kofuka usai berdialog dengan jajaran pemkab Sleman di ruang Praja I pemkab setempat, Rabu (31/7/2019).



Wakil bupati Sleman Sri Mulsimatun mengatakan Sleman menyambut baik adanya kerjasama tersebut. Sehingga sebab Sleman dapat menggali informasi dari Kota Kagoshima yang memiliki teknologi pencegahan dan sistem peringatan dini yang cukup maju sehingga dapat meminimalisir korban jiwa maupun material ketika terjadi bencana.

“Kami menyadari disamping upaya penanggulangan, kami perlu melaksanakan upaya pencegahan bencana serta membangun budaya sadar bencana untuk membangun kesiapsiagaan saat terjadi bencana,” paparnya.

Oleh karena itu, Pemkab Sleman secara berkelanjutan membangun budaya sadar bencana dengan pelaksanaan gladi lapang penanggulangan bencana, wajib latih bagi kelompok masyarakat dan pelatihan mitigasi bencana.

“Hingga bulan Juni 2019 telah terbentuk 48 desa siaga bencana dan 63 satuan pendidikan yang telah dinyatakan sebagai sekolah siaga bencana.” jelasnya.

Kabag Humas Pemkab Sleman Savitri Nurmala Dewi menambahkan delegasi Kota Kagoshima tersebut terdiri dari Kepala Seksi Manajemen Krisis Kota Kagoshima, Takashi Kofuku, Staf Seksi Manajemen Krisi Kagoshima, Takahiro Kambayashi, Direktur Jenderal Organisasi Mitigasi Bencana Gunung Api, Kenji Niihora seta didampingi Direktur Pusat Riset Gunung Api Sakurajima, Prof. Masato Iguchi.



(mif)

loading...