Forum Wartawan Yogya Laporkan Akun FB Yanto Sumantri ke Polda DIY

Selasa, 15 Januari 2019 - 15:15 WIB
Forum Wartawan Yogya Laporkan Akun FB Yanto Sumantri ke Polda DIY
Perwakilan wartawan DIY saat melaporkan pemilik akun Facebook Yanto Sumantri ke Polda DIY, Selasa (15/1/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
SLEMAN - Puluhan jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan DIY melaporkan pemilik akun Facebook (FB) Yanto Sumantri ke Polda DIY, Selasa (15/1/2019). Laporan ini terkait dengan postingnya di grup Facebook Info Cegatan Jogja (ICJ) soal pemberitaan MNC TV Lintas Inews Jogja.

Dalam postingnya Yanto mempersoalkan berita aksi pemilu damai, tolak hoaks, dan melawan klitih. Dia menyebut isi berita nyaris hoaks. Unggahan ini mendapat ribuan komentar negatif dari banyak netizen. Warganet menyudutkan jurnalis MNC TV yang dinilai membuat berita hoaks, termasuk membully (perundungan) kepada jurnalis MNC TV dan wartawan pada umumnya.

Laporan Forum Wartawan DIY diterima petugas piket Sentra Pelayanan Terpadu Kepolisian (SPKT) Brigadir Yuli. Forum wartawan DIY diwakili Kusno S Utomo. (Baca Juga: Bentuk Tim 11, Wartawan Segera Laporkan Presiden ICJ ke Polda DIY
Kusno mengatakan, pelaporan ini merupakan hasil musyawarah wartawan dari berbagai media, baik cetak, elektronik, maupun online di DIY dalam menyikapi peristiwa tersebut. Hasilnya dengan menempuh upaya hukum dengan membentuk tim advokasi yang akan mengawal dan melaporkan kasus ini.

"Secara umum postingan itu tidak hanya menyerang wartawan MNC namun juga melecehkan dan mencederai profesi jurnalis sebab dalam FB tersebut banyak yang tidak patut dan proporsional di luar kontek," kata Kusno. (Baca Juga: Profesi Dilecehkan, Puluhan Wartawan Yogyakarta Ajukan Petisi(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4568 seconds (0.1#10.140)