Jangan Bawa Konflik Politik untuk Selesaikan Masalah Bangsa

Rabu, 31 Juli 2019 - 01:30 WIB
Jangan Bawa Konflik Politik untuk Selesaikan Masalah Bangsa
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhamadiyah Haedar Nashir.FOTO/SINDOnews/Ainun Najib
A A A
BANTUL - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhamadiyah Haedar Nashir berharap ideologi dan konflik politik tidak dibawa dalam menyelesaikan permasalahan bangsa. Jika ada masalah, harus ada solusi dengan berembug dan dicari pemecahannya.

“Jika ada masalah, jangan bawa ideologi dan konflik politik. Agar tidak berkutat pada isu-isu parsial,”tutur Haedar disela Groundbreaking pembangunan Research and innovation Center UMY, di kampus UMY, Selasa (30/7/2019).

Belakangan ini isu ormas juga semakin santer dibicarakan. Termasuk belum adanya regulasi untuk memperpanjang izin bagi ormas FPI. Hal ini sangat diperlukan agar ada patokan yang jelas bagi ormas. “Pemerintah silahkan ambil kebijakan untuk patokan ormas, jangan sampai ilegal dan tidak terdidik,”jelas Haedar.

Ormas Indonesia, kata Haedar yang berhubungan dengan sosial masyarakat dan agama itu harus menjadikan Pancasila dan NKRI sebagai bagian dari komitment. Jangan sampai mengembangkan ideologi yang bertentahgan dengan dasar negar. Hal ini harus menjadi komitment politik semua pihak, agar tidak kontra produktif yang selalu berwacana ramai dalam ideoologi.

Bagi gerakan organisasi keagamaan, agama harus dijadikan sumber nilai kemajuan dan pencerhanam yang membawa kedamaian. Hal itu tetap harus berpegang pada prinsip agama masing-masing.

“Agama pasti punya prinsip yang harus dihormati satu sama lain. Urusan agama duniawiyah harus dan toleransi,”pinta Haedar.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9887 seconds (0.1#10.140)