Puluhan Kera Datangi Pemukiman Warga di Nglanggeran Gunungkidul

Senin, 29 Juli 2019 - 23:49 WIB
Puluhan Kera Datangi Pemukiman Warga di Nglanggeran Gunungkidul
Sejumlah kera yang kerap masuk dan mengambil makanan di permukiman warga di kawasan Gunung Api Purba, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DIY, Senin (29/7/2019). (Foto: iNews/Kismaya Wibowo)
A A A
GUNUNGKIDUL - Puluhan kera ekor panjang turun ke pemukiman warga di kawasan Gunung Api Purba, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Kemarau yang berkepanjangan membuat bahan makanan bagi kera-kera ini habis.

Menurut warga, selain menjarah buah-buahan di pekarangan rumah warga, kawanan kera itu juga kerap mengambil barang dagangan di warung-warung. Kondisi ini terjadi setiap musim kemarau.

“Setiap musim kemarau seperti ini. Kera akan turun karena di atas makanannya habis,” kata salah satu pemandu wisata, Sudadi, Senin (29/7/2019).
Sudadi mengatakan, lantaran kelaparan dan tidak ada makanan di gunung, kera-kera ini berkeliaran di rumah penduduk. Bahkan, tidak jarang kera-kera itu ke rumah penduduk.

Saat ini, kera yang turun belum begitu banyak. Jumlah kera akan terus bertambah sampai dengan puncak musim kemarau berakhir. Mereka akan turun dan mencari makanan.

Sementara warga tidak bisa berbuat banyak dengan adanya kawanan kera yang turun gunung. Sebab, jika diusir dengan paksa dan kekerasan, mereka kerap akan mengamuk.

“Kemarin kera-kera itu sampai di warung sini. Untung ada pembeli yang mengusir,” kata pedagang warung kelontong, Paijem.

Banyaknya kera yang berkeliaran membuat warga semakin resah. Mereka telah mengadukan masalah ini kepada pemerintah setempat. Apalagi kejadian ini selalu terjadi di setiap tahun. Namun, hingga kini belum ada tindak lanjutnya.

“Harapan kami dari warga di sini, pemerintah turun tangan mengatasi masalah ini, memikirkan bagaimana caranya mengusir kera-kera itu dan agar mereka tidak turun ke permukiman kami lagi,” kata Paijem.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9157 seconds (0.1#10.140)