Ini Lima Obat Rumahan untuk Atasi Sakit Gigi

Senin, 29 Juli 2019 - 18:49 WIB
Ini Lima Obat Rumahan untuk Atasi Sakit Gigi
akit gigi bisa menyebabkan penderitanya tidak bisa makan, tidur, pening dan sebagainya. Padahal, mengatasinya cukup sederhana. Salah satunya dengan bawang putih. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sakit gigi sakitnya tak tertahankan. Kondisi ini bisa menyebabkan penderitanya tidak bisa makan dan tidur nyenyak, bahkan tak dapat bekerja secara maksimal.

Sakit gigi dapat disebabkan oleh gigi berlubang, sinusitis, radang gusi serta kebersihan mulut yang tidak tepat. Penyebab-penyebab ini dapat diobati dan beberapa kasus mungkin memerlukan pencabutan gigi. Namun, pengobatan rumahan juga dapat bekerja dengan baik.

Obat rumahan menggunakan bahan-bahan alami tanpa efek samping, tidak seperti kebanyakan obat. Selain itu, obat rumahan juga mudah tersedia dan sangat efektif. Bahkan, beberapa pengobatan rumahan untuk sakit gigi menggunakan bahan-bahan sesederhana, seperti air, dan dapat dicoba untuk mengurangi rasa sakit. Seperti dilansir Times Now News, berikut obat rumahan untuk mengatasi sakit gigi.

1. Air garam
Menggunakan air garam dapat membantu mengurangi peradangan, membersihkan mulut, dan menyembuhkan luka mulut. Air garam bertindak sebagai desinfektan dan dapat dengan mudah digunakan setelah setiap kali makan, atau tiga kali sehari sebagai obat kumur. Tambahkan setengah sendok teh garam ke air hangat dan campur secara merata. Guanakan air garam untuk berkumur.

2. Kantong teh peppermint
Biarkan kantong teh peppermint bekas dingin, dan kemudian gunakan sebagai kompres untuk sakit gigi. Cara ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan juga menenangkan gusi yang sensitif.

3. Bawang putih
Bawang putih dikenal memiliki khasiat antibakteri dan penyembuhan. Digunakan sebagai obat rumah yang efektif untuk flu, bawang putih juga membantu membersihkan mulut, membuatnya bebas dari bakteri berbahaya yang menyebabkan plak, dan untuk meredakan sakit gigi. Anda bisa mengunyah bawang putih, atau membuat pasta dan menerapkannya di area yang sakit.

4. Minyak cengkeh
Cengkeh adalah salah satu obat rumahan yang paling umum digunakan untuk sakit gigi. Caranya, pegang cengkeh di mulut Anda di dekat area yang sakit, dan biarkan bekerja secara perlahan pada gigi. Anda juga bisa mencelupkan kapas ke dalam minyak cengkeh dan mengoleskannya pada bagian yang sakit. Membuat pasta beberapa cengkeh dan mengoleskannya di area yang sakit juga dapat membantu.

5. Teh fenugreek
Fenugreek memiliki khasiat penyembuhan dan dapat meredakan nyeri dan telah digunakan sebagai ramuan obat sejak lama. Campuran bubuk fenugreek dapat ditambahkan ke air mendidih untuk membuat teh, kemudian oleskan secara teratur pada gigi yang sakit.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0896 seconds (0.1#10.140)