Hadapi Era 4.0, Kompetensi Mahasiswa UCY Ditingkatkan

Jum'at, 26 Juli 2019 - 03:45 WIB
Hadapi Era 4.0,  Kompetensi Mahasiswa UCY Ditingkatkan
Rektor UCY berfoto bersama dengan mahasiswa berprestasi. FOTO/DOK Humas UCY
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) menggelar stadium general ‘Perguruan Tinggi Merespon Perubahan’ di kampus setempat, Kamis (25/7/2019). Selain untuk memberikan bekal kepada mahasiswa di era global, kegiatan tersebut juga sebagai respon dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Rektor UCY Ciptasari Prabawanti S.Psi, M.SC, Ph.D mengatakan, bekal ini penting bagi mahasiswa di era global ini. Sebab dengan perkembangan teknologi yang canggih, membawa dunia memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan inovasi distruptif. Di mana inovasi ini buka hanya memudahkan dalam mengerjakan sesuatu, namun juga akan mengantikan teknologi sebelumnya.

“Inovas distruptif di satu sisi membantu menciptakan pasar baru, namun juga akan mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada dan pada akhirnya menggantikan teknologi terdahulu tersebut. Hal ini tentu menjadi permasalah sekaligus tantangan,” terangnya.(Baca Juga: Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Terus Tingkatkan Kualitas
Untuk itu, sebagai institusi pendidikan, UCY akan terus meningkatkan kualitas sehingga mampu memberikan dukungan yang memadai bagi berkembagannya kapasitas mahasiswa sebagai penentu masa depan bangsa. “Kami juga akan mendorong mahasiswa agar antusias meningkatkan kualitas diri baik di bidang akademik maupun non-akademik yang menjadi potensi mereka,” paparnya.

Langkah ini juga sebagai bentuk komitmen UCY kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensinya dengan memberi ruang untuk berkarya dan berprestsi bukan saja pada bidang akademik, namun juga non-akademik. Untuk hal ini, mahasiswa UCY telah berhasil menunjukkan prestasinya dalam berbagai bidang di tingkat nasional maupun daerah.

“Sebagai apresiasi kami memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang telah berprestasi tersebut. Untuk itu, bersamaan dengan stadium general UCY juga menyerahkan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi,” terangnya.

Beberapa mahasiswa yang mendapat penghargaan, antara lain, Muhammad Arif Hidayatullah mahasiswa Teknik Sipil UCY yang meraih Juara III Nasional Federasi Aero Sport Indonesia, Ratna Dewi Setyaningsih mahasiswa Fakultas Hukum UCY meraih medali perunggu Pekan Paralympic Nasional XV 2016 cabang volly duduk dan medali perunggu kejurnas volly duduk 2018 mewakili DIY dan Agata Khoirunnisa mahasiswa Fakultas Hukum UCY sebagai Duta Pendidikan DIY.

Salah satu penerima penghargaan, Ratna Dewi Setyaningsih mengatakan terharu dan bangga dengan penghargaan itu. Dirinya juga mengucapkan terima
kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya, terutma dukungan dari kampus, dosen dan pimpinan UCY. “Semoga kedepan bisa memotivasi teman-teman yang lain untuk turut serta dalam PON,” harapnya.

Terpisah, dosen Fakultas Hukum (FH) UCY Andrie Irawan SH MH menyebut FH UCY selalu meng-up date materi perkuliahan, misalnya dengan menyisipkan materi anti korupsi di beberapa mata kuliah. "Harapannya lulusan Fakultas Hukum UCY menjadi sarjana hukum yang berintegritas," terangnya. (Baca Juga: PKBH SAPA dan UCY Kupas Kekerasan saat Pacaran
Selain itu FH UCY juga mulai pengembangan mata kuliah hukum acara terutama hukum acara perdata dan peradilan agama yang sudah berlangsung dalam merespon kehadiran Perma No 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik dan Perma No 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Mengadili Perempuan Berhadapan dengan Hukum.

"Dalam satu tahun terkahir FH UCY dengan didukung oleh AIPJ2 juga mengenalkan kepada mahasiswa tentang mekanisme analisa putusan online untuk melihat implemenatasi dari Perma No 3 Tahun 2017," pungkasnya.(Baca Juga: UCY Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5666 seconds (0.1#10.140)