alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

VIU Cari Sineas Muda di 10 Kota Indonesia

Priyo Setyawan
VIU Cari Sineas Muda di 10 Kota Indonesia
Sutradara dan produser film Indonesia, Nia Dinata memberikan penjelasan soal road show Viu Pitching Forum 2019 di AFY, Senin (14/1/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN

YOGYAKARTA - Layanan video over the top (OTT) yang dioperasionalkan PCC Media Hongkong, VIU tahun ini kembali mengelar Viu Pitching Forum. Kegiatan tersebut akan digelar di 10 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Tangerang, Bandung, Padang, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Surabaya, Bali dan Manado.

Yogyakarta menjadi kota pertama untuk event tersebut. Viu Pitching Forum 2019 di Yogyakarta berlangsung di Akademi Film Yogyakarta (AFY), Senin (14/1/2019). Acara itu menghadirkan sutradara dan produssr film Nia Dinata.

Senior Vice President Marketing, VIU Indonesia Myra Suraryo mengatakan secara umum Viu Pitching Forum merupakan acara tahunan guna memfasilitasi dan mengembangkan ide-ide dari sineas Indonesia untuk menjadi viu original. Melalui bimbingan nantinya  ide-ide itu akan dipamerkan dipanggung global.



"Viu Pitching Film ini akan dimulai dengan kegiatan road show dialog film bersama Nia Dinata," kata Myra di sela-sela acara tersebut.

Menurut Myra, road show itu bukan hanya untuk memberikan pemahaman tentang apa saja yang harus dipersiapkan dalam membuat karya film. Selain itu, juga memberikan kesempatan kepada sineas Indonesia untuk mengajukan ide ceritanya, yaitu mulai 20 Januari-28 Februari.

Dari jumlah yang masuk akan dipilih 10 finalis untuk mengikuti workshop di Jakarta selama seminggu. Di akhir workshop itu para finalis akan melakukan pitching di depan dewan juri. "Tahun lalu ada 250 ide cerita yang diajukan dan terpilih 2 cerita terbaik, tahun ini kami harapkan lebih dari itu," kata Myra.

Myra menjelaskan selain sebagai wadah karya, Viu Picthing juga akan membawa karya dan talenta sineas Indonesia ke kancah internasional. Yaitu dengan memutar karya mereka di 16 negara anggota Viu yang tersebar di Asia, Timur Tengah dan Afrika, termasuk melalui festival film internasional.

Sutradara dan produser film Indonesia, Nia Dinata mengatakan, Viu Pitching atau dialog film seperti ini sangat penting untuk perfilman Indonesia. Sebab sebagai negara kepulauan, semua urusan film biasanya terkonsentrasi di Jakarta, sehingga dengan road show ke kota-kota lain, bisa menggali dan menemukan bakat-bakat tersembunyi dari sineas Indonesia.

"Melalui kegiatan ini mereka bisa menanyakan bagaimana menembus industri, bagaimana karya bisa ditonton orang lebih banyak lagi," katanya.

Menurut Nia, pertanyaan-pertanyaan itulah yang sebenarnya sangat penting untuk dijawab dalam dialog film seperti ini agar sineas muda Indonesia terus terbuka horisonnya. Harapannya film-film Indonesia bisa muncul di level internasional.



(AMM)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif