UMS Resmi Buka Rumah Sakit Gigi dan Mulut di Solo

Senin, 14 Januari 2019 - 22:00 WIB
UMS Resmi Buka Rumah Sakit Gigi dan Mulut di Solo
Salah satu perlengkapan yang dimiliki Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri, UMS Solo. FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SOLO - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) resmi membuka layanan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri, Kota Solo, Senin (14/12019). Izin RSGM yang terletak di Jalan Slamet Riyadi, Solo telah turun pada 7 Januari 2019.

Dengan dilengkapi fasilitas tipe B, RSGM Soelastri UMS siap melayani masyarakat setelah izin operasional keluar dari Pemkot Solo. "Untuk grand opening akan kami lakukan 21 Januari 2019," kata Wakil Rektor I UMS, Muhammad Dai di Solo, Senin (14/1/2019).

Pembukaan RSGM Soelastri memiliki dua tujuan. Melayani masyarakat umum dan memfasilitasi proses pembelajaran bagi mahasiswa tingkat profesi di Fakultas Kedokteran Gigi UMS.

Direktur Utama RSGM Soelastri Solo, Noor Hafida Widyastuti mengatakan, keunggulan RSGM adalah satu-satunya rumah sakit (RS) di bidang mulut di Kota Solo. Meski masih RS tipe C, tapi standarnya sudah tipe B. Jenis layanannya juga sudah lengkap, seperti pelayanan medik umum, gawat darurat, gigi dasar, gigi spesialis, penunjang medik, dan penunjang nonmedik.

"Kalau untuk pelayanan penunjang medik, di antaranya ada high care unit, ruang operasi, farmasi, sterilisasi, rekam medik, radiologi, laboratorium klinik, dan laboratorium teknik gigi," paparnya.

RSGM Soelastri memiliki tujuh dokter gigi dan tujuh dokter spesialis, di antaranya spesialis konservasi gigi, kedokteran gigi anak, dan bedah mulut. "Ini sudah cukup lengkap. Oleh karena itu, kami akan berupaya menaikkan menjadi kelas B," ucapnya.

Mengenai layanan bagi pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sejauh ini belum ada. Sebab untuk bisa memberikan fasilitas tersebut, RS harus sudah mengantongi akreditasi. "Kalau sudah terakresitasi, kami akan segera menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan dan perusahaan asuransi yang lain," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7349 seconds (0.1#10.140)