Keindahan Candi Borobudur Menutup Perhelatan ASG 2019

Rabu, 24 Juli 2019 - 20:38 WIB
Keindahan Candi Borobudur Menutup Perhelatan ASG 2019
Acara closing ceremony ASG XI 2019 di Taman Lumbini komplek Candi Borobudur, Magelang, Rabu (24/7/2019).FOTO/IST
A A A
MAGELANG - ASEAN Schools Games (ASG) XI 2019 telah berakhir. Indonesia memastikan diri menjadi juara umum ASG 2019 setelah menyabet 43 medali emas, 34 perak, dan 25 perunggu dengan total raihan 102 medali, disusul Thailand dan Malaysia di posisi kedua dan ketiga.

Semarak perhelatan ASG 2019 pun memasuki puncaknya. Satu hari sebelum para atlet muda peserta ASG 2019 ini kembali ke negara masing-masing, mereka diajak berjalan-jalan mengunjungi beberapa objek wisata di kota Semarang, seperti kelenteng Sam Poo Kong dan Lawang Sewu.

Upacara penutupan ASG 2019 digelar di Taman Lumbini Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (24/7/2019). Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, secara langsung menutup perhelatan ASG ini.

Ganjar menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta atas partisipasi mereka di event ini, serta kepada panitia, dan relawan yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Ia berharap agar kebersamaan dan persahabatan yang telah terjalin tidak turut usai seiring dengan berakhirnya event ini.

“Selamat kepada seluruh pemenang. Segala peluh keringat, waktu, serta dedikasi yang telah diberikan kini terbayar sudah. Bagi yang kalah, ingat bahwa yang terkuat bukanlah yang selalu menang. Tapi yang terkuat adalah yang tak pernah menyerah saat mereka kalah,” ucap Ganjar.

“ASEAN Schools Games 2019 mungkin berakhir hari ini, tapi kebersamaan dan persahabatan akan terus terjalin. Semoga semua kenangan menyenangan tentang ASG 2019 di Semarang, Jawa Tengah, akan membawa kalian kembali ke sini dan kita akan bertemu lagi,” ungkapnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asrorun Ni’am, mewakili Menteri Pemuda Olahraga Imam Nahrawi pada penutupan siang ini.

“Kerja sama antar negara ASEAN dapat ditingkatkan melalui olahraga karena olahraga menjadi alat strategis dalam meningkatkan hubungan antar manusia terutama di generasi muda,” ujar Asrorun Ni’am.

Prosesi serah terima bendera tuan rumah penyelenggaraan berikutnya dilakukan oleh Ong Kim Soon, Chairman of Technical Committee of ASSC, Salvador Malana, Senior Minister Officer of Education Department Philippines, Asrorun Ni’am, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, dan Mohamed Jais Bin Hj Abd Rahman, Acting Director of Co-Curricular Education, Ministry of Education Brunei Darussalam. Tuan rumah untuk ASG 2020 adalah Filipina dimana Kota Dumaguete menjadi kota penyelenggaranya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9137 seconds (0.1#10.140)