Indonesia Butuh Bibit Unggul Olahragawan Nasional

Rabu, 24 Juli 2019 - 08:09 WIB
Indonesia Butuh Bibit Unggul Olahragawan Nasional
Chef de Mission (CdM) Indonesia ASG 2019, Yayan Rubaeni bersama perwakilan atlet saat memberikan keterangan pers, Selasa (23/7/2019) malam. Foto/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - ASEAN Schools Games (ASG) penting bagi para atlet muda tanah air. Di ASG, para atlet akan belajar bagaimana melihat dan menganalisis kemampuan lawan, serta melatih mental mereka. Event ini mampu menghadirkan atlet-atlet pelajar terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Menurut mantan atlet nasional Suryo Agung, ASG merupakan kesempatan yang tepat untuk mengasah kemampuan sebagai atlet. Atmosfer kompetisi yang ketat dan persaingan sehat menjadi suasana yang terbangun selama pelaksanaan pertandingan di semua arena cabang olahraga di ASG.

“Kompetisi seperti ASG ini sangat bagus untuk diikuti oleh para atlet muda Indonesia. Terlepas dari adik-adik ini masih dalam masa training to compete, banyak hal yang bisa diambil dalam event ini, misalnya sebagai tes parameter pelatih untuk melihat progress atletnya, kemudian menambah jam terbang dalam mengasah mental atlet dalam pertandingan internasional, dan bisa menjadi penyemangat pelajar pelajar di daerah untuk bisa menjadi timnas pelajar,” kata Suryo Agung, Selasa (23/7/2019).

Chef de Mission (CdM) Indonesia ASG 2019, Yayan Rubaeni menyatakan, pemerintah akan terus mendukung pembinaan atlet muda. Indonesia butuh bibit-bibit unggul olahragawan nasional yang nanti akan meneruskan jejak seniornya utuk berprestasi di kancah internasional.

“Anak-anak ini adalah atlet muda aset bangsa. Saya yakin jika terus dibina, 3 sampai 4 tahun ke depan mereka akan menjadi tulang punggung prestasi Indonesia," ujar Yayan.

"Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya perlu untuk terus memberikan pendampingan bagi sentra-sentra pembinaan tempat mereka berlatih, serta memfasilitasi mereka untuk dapat meningkatkan kemampuan melalui kompetisi,” imbuhnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2571 seconds (0.1#10.140)