Ratusan Mahasiswa dari 25 Negara Ikuti Summer School di UMY

Selasa, 23 Juli 2019 - 08:53 WIB
Ratusan Mahasiswa dari 25 Negara Ikuti Summer School di UMY
Ratusan Mahasiswa dari 25 Negara Ikuti Summer School di UMY. Ilustrasi
A A A
YOGYAKARTA - Sebanyak 162 mahasiswa yang berasal dari 25 negara, selama tiga pekan akan mengikuti program Summer School 2019 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Rektor UMY Gunawan Budiyanto membuka kegiatan tersebut, di kampus setempat, Senin (22/7/2019).

Kegiatan ini untuk mempererat hubungan antara mahasiswa Indonesia, khususnya UMY dengan mahasiswa di negara lain. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menciptakan suasana akedemik bernuansa internasional sekaligus mengenalkan UMY serta budaya Jawa, terutama yang ada di Yogyakarta termasuk Muhammadiyah.

Ada tujuh program summer school tersebut, lima program berhubungan dengan kesehatan, yaitu gigi, farmasi, kesehatan tropis, perawat dan emergency (gawat darurat) serta masing-masing satu program tentang pemerintahan dan politik serta hukum dan syariah.

Kepala kantor urusan internasional UMY Yordan Gunawan mengatakan, program ini bukan hanya agenda tahunan sebagai implementasi slogan UMY Muda Mendunia, yaitu proses pembelajaran di kelas dengan nuansa internasional.

Namun yang lebih penting lagi, bagaiamana mahasiswa dari berbagai negara itu belajar dan memahami tentang budaya Indonesia, khususnya Jawa, utamamya lagi Yogyakarta dan Muhammadiyah.

“Karena itu, selaian mengikuti proses pembelajaran di kelas, para mahasiswa itu juga akan belajar langsung sesuai dengan programnya. Misalnya yang program kesehatan akan melihat langsung pelayanan kesehatan di Puskesmas, baik pelayanan umum, gigi maupun gawat darurat,” kata Jordan usai pembukaan kegiatan itu, Senin (22/7/2019).

Untuk budaya Muhammadiyah, akan melihat kegiatan di tempat pendiri Muhammadiyah di Kauman. “Kami harapkan ini akan menambah wawasan dan pengetahuan serta pengalaman yang menarik bagi mahasiswa yang mengikuti program summer school ini,” paparnya.

Rektor UMY Gunawan Budiyanto mengatakan, kegiatan ini merupakan sarana untuk menunjukkan kualitas UMY sekaligus mengenalkan UMY sebagai international-friendly campus. Sehingga diharapkan UMY dapat dikenal sebagai oleh masyarakat di kancah internasonal.

Peserta Summer School UMY dari Mesir Moh Salah menyatakan senang bisa mengikuti program Summer School 2019 di UMY ini. Menurutnya program ini menjadi peluang bagi mereka untuk lebih mengenal dan mempelajari tentang kepercayaan (agama), bahasa, makanan, lifestyle, pakaian dan lain-lain yang ada di Indonesia.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7058 seconds (0.1#10.140)