2020, Rektor Asing Bakal Pimpin Perguruan Tinggi di Indonesia

Selasa, 23 Juli 2019 - 07:35 WIB
2020, Rektor Asing Bakal Pimpin Perguruan Tinggi di Indonesia
2020, Rektor Asing Bakal Pimpin Perguruan Tinggi di Indonesia. Ilustrasi
A A A
SEMARANG - Pemerintah serius akan mendatangkan rektor dari luar negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air. Selain menjadi pemimpin perguruan tinggi di Indonesia, mereka juga akan mendapatkan gaji langsung dari pemerintah pusat.

“Ini yang menjadi tantangan kita (meningkatkan kualitas pendidikan), oleh karena itu bapak presiden mencanangkan kembali di tahun 2020 bagaimana nanti rektor ada dari perguruan tinggi asing,” kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir, usai menghadiri Rapat Pleno Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Semarang di Kampus Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang, Senin (22/7/2019).

Untuk memuluskan rencana tersebut, pihaknya akan memetakan perguruan tinggi yang dinilai perlu dipimpin oleh rektor dari luar negeri. Selain itu, juga disiapkan peraturan bagi calon rektor dari luar negeri. Bahkan, bila perlu aturan yang dinilai menghambat akan dicabut.

“Saya akan mapping-kan dulu. Saya akan cabut beberapa peraturan nanti, dan peraturan pemerintah juga disederhanakan supaya bisa memberikan kesempatan bagaimana kompetisi rektor dari luar negeri,” terang dia.

Menurutnya, gaji yang diberikan kepada rektor luar negeri dipastikan tak membebani perguruan tinggi setempat. Sebab, gaji mereka akan ditanggung oeh pemerintah pusat. Meski demikian, Nasir belum menjelaskan besaran gaji yang bakal diberikan.

“Nanti budgetnya saya bicarakan dengan menteri keuangan. Bagaimana kalau rektor dari luar negeri pendanaannya langsung dan pemerintah pusat, supaya tidak mengganggu keuangan yang ada di perguruan tinggi itu sendiri,” cetusnya.

“Kalau menggangu (keuangan perguruan tinggi itu) memang akan problem, ini akan kami pikirkan,” tandasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0794 seconds (0.1#10.140)